KINERJA PJ BUPATI LOMBOK TIMUR SUDAH DIEVALUASI MENDAGRI RI, GILIRAN PJ WALIKOTA BIMA SENIN ESOK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KINERJA PJ BUPATI LOMBOK TIMUR SUDAH DIEVALUASI MENDAGRI RI, GILIRAN PJ WALIKOTA BIMA SENIN ESOK

Sabtu, 13 Januari 2024

 

Drs. H. Muhammad Juaini Taofik, M.AP. Pj Bupati Lombok Timur - Ir.H.Mohammad Rum,MT Pj Walikota Bima


Kota Bima NTB. Londa Post.- Dalam rangka keterbukaan Informasi publik. Media Londa Post Bima-NTB menyampaikan ke-publik terhadap capaian dan torehan Kinerja 2(dua) Penjabat (pj) Kepala Daerah Kabupaten/ Kota yang dilantik Pj Gubernur NTB 26 September 2023 lalu, yaitu Pj Bupati Kabupaten Lombok Timur dan Pj Walikota Bima untuk 3 bulan atau triwulan Pertama.


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, melakukan evaluasi terhadap Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pj Walikota Bima NTB. Pj Bupati Lombok Timur telah tuntas dievalusi Kemendagri pada 12 Januari 2024 jum'at sore.


Evaluasi yang sama dalam waktu dekat yaitu 15 Januari 2024 Senin esok akan dihadapi Pj Walikota Bima H.Mohammad Rum. Berdasarkan ketentuan Pasal 18, Pasal 20, Pasal 21, dan Pasal 22 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota, Kemendagri melaksanakan evaluasi kinerja atas pelaksanaan tugas Penjabat (Pj) Kepala Daerah. 


Adapun evaluasi Pj. Kepala Daerah ini dilakukan setiap tiga bulan sekali atau per triwulan. Dalam melaksanakan evaluasi kinerja atas pelaksanaan tugas Pj. Kepala Daerah tersebut, Kemendagri melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, melakukan penilaian kepada para Pj. Kepala Daerah. Menurut Pasal 14, masa jabatan Pj Bupati dan Pj Wali Kota di NTB adalah satu tahun, dapat diperpanjang satu tahun berikutnya dengan orang yang sama atau berbeda.


Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB Ir. Lalu Hamdi, M.Si.dikonfirmasi Pimred LONDA POST via Hp 13 Januari 2024 Sabtu siang tadi mengantakan; Pihaknya mengaku Pj Bupati Kabupaten Lombok Timur telah dievaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI." Iyah..Pj Bupati Lotim sudah dievaluasi Kemendagri 12 Januari 2024 Jumat sore kemarin, terhadap apa saja indikator yang dievalusi, silakan Londa Post Konfirmasi Kabag Tatapem Lotim, sementara jadwal  evaluasi Pj Walikota Bima langsung undangannya melalui ybs, tidak lewat Pj Gubernur atau pihak Pemprov." Jelasnya.


Kabag Tatapem Setda Kabupaten Lombok Timur Ahmad Subhan,SH,MH dikonfirmasi Via Hp 13 Januari Sabtu Sore tadi mengantakan; Pj Bupati Kab Lombok Timur sudah tuntas di-evaluasi Kemendagri Jumat kemarin." 10 indikator utama penilaian sudah tuntas dijawab oleh Pj Bupati Lotim, dan ada 106 indikator diisi dan di presentasi dilanjutkan tanya jawab." Ucapnya.


Hal lain kata dia, untuk 106 indikator Penilaian tidak jauh dari aspek Pemerintahan, pembangunan dan Kemasyarakatan, semua indikator tersebut sudah tuntas dijawab, baik oleh Pj Bupati, juga 7 (tujuh) pendamping termasuk saya membidangi Tatapem yang dihadirkan Pemkab Lotim saat evaluasi kemarin. Jelasnya.


Ditanya 3 aspek pokok yang diamanatkan Presiden RI dan Mendagri Tito soal Stunting, Inflasi dan Pengamanan Pemilu 2024, pihaknya cukup bangga capaian diraih Pj Bupati Kab Lotim." Berkat komitmen Pj Bupati Lotim H.Muhammad Juaini Tofik, dan kekompakan Forkopimda untuk penanganan Inflasi, Pemkab Lotim juara 1 (pertama) terbaik se-Indonesia, penanganan stunting posisi turun di-angka 16 persen lebih, dan Netralitas ASN cukup baik.


" Pak Pj Bupati Kab Lotim turun tangan membuat dan merillis sendiri Vidio strategi komitmen ASN jajarannya untuk netralitas hadapi Pemilu 2024. Diberbagai kesempatan Apel pagi dan sejumlah pertemuan dengan jajarannya, Pak Pj H.Muhammad Juaini terus menekankan Jajarannya untuk Solid dan senafas menjaga Netralitas menghadapi Pemilu 2024 dan pak pj selalu dokumentasikan." Tutup Kabag Tatapem setda Kab Lombok Timur.


Sementara Kabag Tatapem setda Kota Bima Ahsanu Rahman ,SH.MH dikonfirmasi Londa Post jadwal Pj Walikota Bima di evaluasi Mendagri mengatakan; Untuk Pemkot Bima dalam hal ini Pj Walikota Bima sudah siap dan dokumen lengkap, yang sedianya akan dibawa saat evaluasi 15 januari 2024 Senin esok." Semua sudah siap dan insAllah para pendamping Pj Walikota Bima, info yang saya terima kurang lebih belasan orang diantaranya: Bappeda, BPKAD, Inspektorat, DP3A, DPPKB, Dikes, Dikpora, Bagian Tatapem, Bagian Ekonomi dan Bagian Protokopim." Jelas Ahsanu.


Kita Tunggu saja perkembangan lebih lanjut Hasil evaluasi Kemendagri RI terhadap kinerja Pj Walikota Bima Triwulan Pertama pada Edisi LONDA POST pekan depan. (Jev londa).