HUT NTB KE- 65 DI KAB SUMBAWA TIDAK DIHADIRI PJ WALIKOTA BIMA, PUBLIK NILAI TIDAK PAHAM AKSELERASI KEBERSAMAAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

HUT NTB KE- 65 DI KAB SUMBAWA TIDAK DIHADIRI PJ WALIKOTA BIMA, PUBLIK NILAI TIDAK PAHAM AKSELERASI KEBERSAMAAN

Selasa, 19 Desember 2023

 


Kota Bima NTB, LONDA POST.- Pj Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariadi menjadi pembina upacara peringatan HUT ke-65 NTB di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, pada Minggu, 17 Desember 2023 kemarin. Momentum peringatan HUT ke-65 NTB memiliki makna khusus karena dilakukan di Kabupaten Sumbawa. Untuk menunjukkan bahwa pulau Lombok, Mataram, Pulau Sumbawa dan Sumbawa adalah satu kesatuan NTB.


“Kehadiran kita di sini adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan pemerintah dengan masyarakat di seluruh wilayah kabupaten kota se-NTB,” ungkap Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, pada Minggu, 17 Desember 2023 baru lalu.


Namun ada hal yang menarik dari pertemuan kebersamaan seluruh kepala Daerah Se-NTB pada moment Upacara HUT NTB ke-65 di Gelar di Kabupaten Sumbawa 2023 ini. Ketidak hadiran Pj Walikota Bima NTB Ir.H.Mohammad Rum,MT menjadi sorotan publik. Pada hal moment penting ini memiliki nilai silatutrahmi  dan bentuk kebersamaan seluruh kepala Daerah se-NTB. Lantas kemana Pj Walikota Bima di tanggal 17 Desember kemarin ???...


Berkali-kali publik daerah ini, mempertanyakan melalui MEDIA LONDA POST ketidakhadiran Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT disetiap Upacara Hari-hari besar Nasional dan HUT NTB dijajaran Pemkot Bima ini. Pasalnya; Selama Pelantikan dan serah terima pucuk pimpinan pengendali Roda Pemerintahan Kota Bima tanggal 26 September 2023 lalu, selalu saja berada diluar daerah disaat hari-hari penting yang sangat dibutuhkan jajaranya untuk memimpin Upacara di Halaman kantor Walikota Bima.


Rangkuman Catatan Media Londa Post ketidak hadiran Pj walikota Bima disaat hari besar nasional diantaranya; HUT Sumpah Pemuda 28 oktober 2023, pj walikota Bima ada diluar daerah dan yang memimpin upacara diwakilkan asisten 1. Demikian juga Hari pahlawan 10 nopember 2023 dan HUT PGRI 25 Nopember 2023 diwakilkan Sekda selaku inspektur upacara. DAN HARI ini Rabu 29 Nopembet 2023, HUT korpri sama sekali tidak dilaksanakan dikarenakan Pj Walikota Bima dan Sekda sedang berada diluar daerah.


Lagi dan lagi-lagi hari ini Minggu 17 Desember 2023 HUT NTB tidak dihadiri Pj Walikota Bima. Upacara HUT NTB dihalaman Pemkot Bima Minggu jam 08.00 pagi baru lalu, upacara dipimpin oleh Asisten 1 Drs. H.Alwi Yasin,M,si. Jadi ada 5 kali hari-hari penting selama keberadaan Pj Walikota Bima, tidak satupun dihadiri Pj Walikota Bima.


Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima
Iskandar Zulkarnain,S.STP yang berusaha dikonfirmasi Media Londa Post membenarkan Pj Walikota Bima tidak bisa hadir memimpin Upacara HUT NTB 17 Desember 2023 hari ini." Pak Pj Walikota Bima sedang tugas luar daerah dan sesuai jadwal dan tentatif sudah diwakilkan kepada pak Asisten yang terlihat tadi pak H.Alwi asisten 1." Ucap Kabag Humas.


Tiswan Soeryaningrat,SH,MH yang juga Tokoh masyarakat Kota Bima sekaligus Ketua LSM PEDULI MASA DEPAN KOTA BIMA kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya menyesalkan ketidak hadiran Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum pada setiap moment upacara penting ini." HUT NTB dan atau perayaan Hut NTB mestinya beliau Pj Walikota Bima harus hadir bersama rekan-rekanya kepala Daerah di Kab Sumbawa kemarin, itu wujud kebersamaan memiliki daerah NTB ini." Ucapnya.


Lagi pula menurut dia, ketidak hadiran Pj Walikota Bima patut dipertanyakan semua pihak. " Apakah Pak Pj Walikota Bima ini merasa kurang memiliki jiwa patriotis menjiwai semangat kedaerahan atau memang lupa dengan jadwal hari hari besar nasional dan HUT NTB. Teka teki ini harus kita gali terus karena 5 kali Upacara hari besar Nasional satupun tidak pernah dihadiri Pj walikota Bima sejak pelantikanya 26 September 2023 menjabat orang nomor satu di Kota Bima ini." Jelas Tiswan.


SEKEDAR INFO PUBLIK. MEMANG ADA PERTEMUAN WALIKOTA DAN PJ WALIKOTA SE-INDONESIA dalam rangka Musnalub Apeksi tahun 2023 tgl 14-15 Desember 2023 di Kota Bogor. Tentunya di tanggal 15 sore hingga tanggal 16 Desember 2023 ada limit waktu bagi seluruh Pj Walikota dan Walikota untuk terbang ke daerahnya masing-masing khususnya Pj Walikota Bima bisa ikut Upaca HUT NTB tanggal 17 Desember 2023 di Kabupaten Sumbawa. Namun faktanya Pj Walikota Bima tidak hadir di Kabupaten Sumbawa dan Kota Bima. (Jev londa).