DIPERTANYAKAN KOTA BIMA TERIMA PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK, FAKTANYA KONTEKS BONSAI HALAMAN PEMKOT MEMUNCULKAN OPINI PUBLIK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DIPERTANYAKAN KOTA BIMA TERIMA PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK, FAKTANYA KONTEKS BONSAI HALAMAN PEMKOT MEMUNCULKAN OPINI PUBLIK

Sabtu, 16 Desember 2023

 



Kota Bima. Londa Post.- Pemerintah Kota Bima raih penghargaan sebagai Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik se- Propinsi NTB Pada Badan Publik Tahun 2022 lalu.



Keterbukaan informasi di Kota Bima mendapat apresiasi tinggi dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi NTB, Kota Bima menjadi salah satu Kabupaten/Kota kategori Informatif yang ada di NTB dengan nilai 91,60.



Hal ini mengundang tanda tanya sejumlah pihak daerah ini yang menilai miris Kota Bima begitu hebatnya dipuji KOMISI INFORMASI PUBLIK (KIP) NTB, Pemerintah Kota Bima dinilai berhasil dalam memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, sesuai dengan amanat UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Penganugerahan diserahkan oleh Wakil Gubernur NTB Dra. Hj. Sitti Rohmi Djalilah MPd, bertempat di Hotel Lombok Raya, Mataram. Senin, 19 Desember 2022 lalu.


Kini perlahan publik mulai membuka sendiri kontroversi pemahaman rakyat terhadap kiprah Pemkot Bima yang jauh dari fakta nyata antara Penghargaan yang di raih dengan fakta yang terjadi bahwasanya PEMKOT BIMA TIDAK LAYAK MENDAPAT PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.


Seperti halnya baru baru ini, Pemerintah Kota Bima meraih penghargaan peringkat kedua nasional terkait Penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Terbaik untuk Kategori Kota dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.


Penghargaan ini menjadikan Kota Bima sebagai ITKP terbaik se-Provinsi NTB. Dengan penilaian keberhasilan Pemerintah Kota Bima dalam menjalankan tata kelola Pengadaan Barang/Jasa yang baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh LKPP RI. PADA HAL. Mantan Walikota Bima HM.Lutfi, SE tersandung urusan hukum hingga di tahan KPK hingga saat ini dibidik dengan pasal tindak pidana Korupsi PENGADAAN BARANG DAN JASA.


Lagi-lagi penghargaan Keterbukaan Informasi Publik. Pemerintah kota Bima hingga hari ini Sabtu 16 Desember 2023 tidak pernah menyiarkan ke publik APA TUJUAN DIADAKAN PAMERAN ATAU KONTEKS BONSAI DIHALAMAN PEMKOT BIMA yang mulai digelar sejak Jumat tanggal 15 Desember 2023 kemarin.


Masyarakat saat ini bertanya-tanya bahkan salah kaprah memahami dengan berbagai opini liar berkembang dalam rangka apa Ratusan tanaman hias dipajang di Depan halaman Kantor Pemkot." Siapa pihak yang punya acara dan siapa pejabat yang memberi ijin Ratusan tanaman Bonsai disimpan berderet didepan halaman Kantor Walikota Bima saat ini." Ucap Jaharuddin tokoh masyarakat daerah ini.


Tidak hanya itu kata dia. Pemkot Bima hingga saat ini belum merillis manfaat ekonomis bagi masyarakat dengan ratusan pajangan tanaman Bonsai tersebut." Harusnya bagian kehumasan atau Kominfo Kota Bima memberi informasi publik keberadaan acara konteks Bonsai di daerah ini apalagi titik lokasinya di halaman Kantor Pemkot Bima." Ujarnya.


Ketua Komisi II DPRD Kota Bima Taufik H.Akarim,SH, juga mempertanyakan keterbukaan Publik Pemkot Bima terkait Pameran dan atau Konteks tanaman Bonsai di Depan Halaman Pemkot Bima." Apa esensialnya bagi warga konteks Bonsai tersebut harus dijelaskan oleh Pemerintah yang sudah memberi ijin digelar di lokasi Kantor Pusat Pemerintahan Kota Bima saat ini.


" Masyarakat wajib mengetahui apa tujuan diadakan Konteks Bonsai dan siapa penggagasnya, sepengetahuan saya, para penggemar Bonsai kebanyakan kalangan masyarakat menengah keatas yang hobi dengan tanaman hias tersebut, bahkan harganya jika dilelang ditempat dominan terjangkau masyarakat kalangan tertentu, namun demikian sangatlah perlu pihak Pemkot Bima mengumumkan ke Publik danpak positif bagi masyarakat terhadap kegiatan dimaksud agar tidak terjadi tumpang tindih informasi dikalangan publik." Ucap Ketua Komisi II legislatif kota Bima. (Jev londa).