EVALUASI PUBLIK KINERJA PJ WALIKOTA BIMA, BELUM MAMPU KEMBALIKAN MARWAH DAERAH YANG KINI SEDANG TERPURUK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

EVALUASI PUBLIK KINERJA PJ WALIKOTA BIMA, BELUM MAMPU KEMBALIKAN MARWAH DAERAH YANG KINI SEDANG TERPURUK

Rabu, 15 November 2023

 


Episode Pertama: Penilaian Publik kinerja Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT pada 50 hari Kerja dari program 100 hari sejak 26 September hingga 15 Nopember 2023


KOTA Bima. Londa Post. Sejak dilantik sebagai Pj Walikota Bima tanggal 26 September 2023 (50) hari lalu, Pj walikota Bima Ir.H.Muhammad Rum,MT, dinilai publik belum memberikan sumbangsih yang signifikan terhadap kemaslahatan rakyat di daerah ini. Baik kiprahnya mengendalikan perekonomian (inflasi), pendekatan kemasyarakatan, jajaran pegawai khususnya kalangan pendidik, dan hal hal yang menyentuh keinginan masyarakat.


Seyogyanya penegasan Menteri dalam Negeri Tito KarnaVian pada tiap kesempatan saat mengumpulkan seluruh Pj Kepala daerah, mantan Kapolri ini mewanti-wanti kepada Penjabat Kepala Daerah agar sering blusukan ke masyarakat. Tito juga meminta para Pj kepala daerah menjaga hubungan yang harmonis dengan Forkopimda, Polri, hingga jajaran DPRD.


Namun faktanya Ir.H.Muhammad Rum,MT pj walikota Bima jarang berdialog dan turun ke lokasi pertanian rakyat, operasi pasar intervensi kenaikan harga Sembako, pertemuan dengan seluruh guru-guru dan kasek, memimpin upacara hari besar nasional seperti Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dan Hari Pahlawan 10 Nopember 2023 tidak dihadiri Pj Walikota Bima.


Jaharuddin,SH salah satu Tokoh masyarakat Kota Bima kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya menilai Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT belum memahami tugas pokoknya selaku Penjabat kepala daerah yang diangkat oleh Pemerintah Pusat." Pj walikota Bima mestinya menjawab apa kebutuhan masyarakat dibawah, saat ini rakyat kehilangan kepercayaan pada pemimpinnya yang tengah tersandung kasus korupsi di KPK, harusnya Pj walikota segera mengembalikan dan membangkitkan semangat kepercayaan rakyat pada pemimpinya. Ucap Jaharuddin.


Menurut dia, waktu terlewati 50 hari kerja Pj walikota Bima, mestinya sudah harus memetakkan kondisi riil apa kebutuhan warga di 5 kecamatan ini." Warga kawasan Timur yang 80% petani, wilayah barat berprofesi pedagang, kawasan utara daerah Nelayan dan Kawasan tengah dengan kompleks mata pencaharianya. Harus terkonsep programnya dan dibahas ditengah masyarakat saat blusukan, bukan di mesjid dan mushola."ucapnya.


Pihaknya apresiasi terkait kiprah Pj walikota Bima menanamkan akidah dan ketakwaan masyarakat untuk rajin beribadah, namun jangan juga lupa Tupoksinya selaku perpanjangan tangan Pemerintah pusat untuk menuntaskan persoalan yang lebih urgen di daerah seperti; penurunan inflasi, stanting, reformasi birokrasi dan hal lain guna menjawab kebutuhan langsung masyarakat saat ini, dan ini tidak dilakukan oleh pj walikota Bima. Serahkan pada yang ahlinya urusan Fatwa dan Da'wah umat. Ucapnya.


Budiman,SH selaku ketua Umum LSM KIPANG NTB kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya menilai kiprah Pj Walikota Bima Ir.H.Mohammad Rum,MT saat ini belum ada tanda pembenahan dan perubahan untuk daerah ini. Harusnya Pj Walikota Bima memahami kondisi daerah, seperti tiap diawal musim hujan, Kota Bima diterpa bencana banjir." Paling tidak, pj walikota Bima harus deteksi langsung dilapangan bersama DPRD dan Forkopimda, di kawasan mana yang rawan berhadapan dengan banjir nanti, blusukan ditengah masyarakat dan dengarkan langsung apa kebutuhan rakyat." Ucapnya.


Menurut dia, langkah Pj walikota Bima untuk menorehkan perubahan baik perubahan ekonomi, infrastruktur, reformasi birokrasi guna mengembalikan marwah Pemkot yang dirundung kasus mantan Pemimpinya dari dugaan kasus korupsi, sangat sulit bisa dilakukan oleh pj walikota Bima saat ini." Ucap Budiman.


Sementara Burhanuddin tokoh masyarakat wilayah RasanaE Timur mengatakan; Pihaknya menilai dan mempertanyakan, jarangnya pj walikota Bima berada di kantor dalam 50 hari kerjanya terlewati ini." Pj walikota Bima bisa dihitung dengan jari selama 50 hari pengabdianya ini berada di kantornya, selalu keluar daerah, sementara kami rakyat ingin juga pj walikota berada ditengah masyarakat karena banyak hal ingin kami sampaikan terutama lahan persawahan kami dimusim kemarau tidak produktif akibat bendungan hancur. Pj walikota Bima harus tanggap dengan kondisi pertanian rakyat wilayah timur agar bisa menopang hidup dari kenaikan harga beras ini." Ucap Burhan. (EPisode berlanjut di 100 hari kerja oj walikota Bima.Jev londa).