SOAL PIPA MILIK PDAM BIMA YANG MAU DI KLAIM PEMKOT BIMA, "KADIS PUPR JANGAN ASBUN," INVENTARIS DULU APA ADA ?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SOAL PIPA MILIK PDAM BIMA YANG MAU DI KLAIM PEMKOT BIMA, "KADIS PUPR JANGAN ASBUN," INVENTARIS DULU APA ADA ?

Sabtu, 30 September 2023

 

       Dirut PDAM Bima, H.Khairuddin MT


Bima. Londa Post -- Demikian dikatakan Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima H.Khairudin, MT kepada Londa Post Pasca beredar pemberitaan disejumlah media daerah ini statemen Kadis PUPR Kota Bima Agus Purnama,ST,MT mengenai " Aset berupa pipa milik Pemkot Bima yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Bima yang berada di Kota Bima akan ditarik kembali menjadi aset UPT."


Diketahui, Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Ir.HM.Rum pasca dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bima bergerak cepat melakukan pembentukan Unit  Pelaksana Teknis (UPT) dibawa Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima. Keberadaan UPT ini, diperuntukan khusus untuk mengelola air bersih bagi warga Kota Bima yang selama ini mengeluhkan kekurangan air bersih sepanjang musim kemarau.


Kepala Dinas PUPR Kota Bima, Agus Purnama,ST,MT dikonfirmasi Londa Post mengatakan, pembentukan UPT ini khusus untuk mengelola air bersih bagi warga Kota Bima yang selama ini mengeluhkan kekurangan air bersih. Tentu saja faktor perpipaan untuk mendukung pendistribusian jaringan operasional air bersih menuju sasaran pemukiman dan rumah warga harus tersedia." Pemkot Bima sudah punya Pipa air diberbagai titik yang dikelola PDAM Kab Bima yang ada di Kota Bima akan kita tarik menjadi Aset Daerah diperuntukkan UPT Air Bersih ini." Ucapnya.


Ditanya sumber anggaran Pemkot Bima pengadaan perpipaan yang dimanfaatkan PDAM Bima tersebut, Agus katakan dari 3 sumber pendanaan yaitu; Sumber dana APBN, APBD Propinsi dan APBD Kota Bima." Itu untuk kebutuhan Air bersih rakyat, dan kewajiban Pemerintah Kota Bima mengatasinya, sementara operasional PDAM dinilai sudah tidak sehat lagi, pelanggan yang juga warga Kota Bima tentu kami dalam hal ini Pj Walikota Bima Ir.HM.Rum, memacu komitmen secepatnya membentuk UPT pengelola Air bersih untuk kebutuhan warga." Ucapnya


Pernyataan Kadis PUPR Kota Bima ini praktis saja menuai tanda tanya pihak Pemkab Bima. Atas konfirmasi Londa Post kepada Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE,M.IP melalui Kabag Humas Protokol Pemda Bima Suryadin,S.S,M,Si mengatakan, pihak Pemkab Bima merasa tidak pernah meminjam dan atau menggunakan  pipa milik Pemkot Bima untuk operasional PDAM Bima." Sejak kapan ada Aset Kota di PDAM Bima." Ucap kabag 30 September 2023 Sabtu kemarin.


Dirut PDAM Bima H.Khaeruddin, MT kepada Londa Post mengatakan; Pihak tegas membantah statemen Kadis PUPR Kota Bima Agus Purnama yang mengatakan ada Pipa milik Pemkot Bima yang digunakan PDAM Bima." Diminta Sdr.Agus Kadis PUPR Kota Bima inventaris dulu, dimana titik-titik keberadaan pipa air milik Pemkot Bima yang digunakan Opersional PDAM." Ucapnya.


Menurut dia, justru Pipa milik PDAM Bima yang banyak mengalami kerusakan akibat perbaikan saluran Drainase Pemkot Bima pasca banjir tahun 2016 dikerjakan tahun 2017." Seperti Pipa air PDAM disekitar jembatan penaraga, jalur pipa sepanjang Mesjid raya ke-timur kiri kanan jalan lintas Nae-Salama rusak akibat proyek galian saluran Drainase Pemkot Bima dan sejumlah titik lain. Dan kami babak belur memperbaiki bahkan mengalihkan haluan jalur pipa demi penyelamatan dan kelancaran kebutuhan air bersih untuk masyarakat pelanggan." Jelasnya.


Lebih jauh H.Khaer katakan. Baru lalu pihaknya diundang pertemuan khusus oleh Pemda Kabupaten Bima dan Pemkot Bima terkait rencana Pemkot Bima membangun UPT pengelola Air bersih." Pertemuan di aula rapat Pemkab Bima dihadiri sejumlah pejabat perwakilan pemkot bima diantaranya Kepala BAPPEDA Kota Bima H.Fakrunrozi dan Kadis PUPR Agus Purnama." Jelasnya.


"Dalam pertemuan itu saya tawarkan 3 opsi yaitu: (1) Menawarkan Kerjasama Pengelolaan PDAM dengan Pemkot Bima, (2) Meminta Pemkot Bima membangun PDAM sendiri, (3) Meminta suntikan dana 10 mlyr pada Pemkot Bima untuk PDAM dengan syarat, pihak PDAM menyetor 1 milyar per-tahun untuk seterusnya kepada Pemkot Bima. Alhasil hingga saat ini para duta Pemkot Bima yang hadir saat itu tidak memberi jawaban." Jelasnya.


Dalam keadaan seperti ini, ia berharap pada pihak Pemkot Bima agar bergandengan tangan dengan PDAM Bima secara ikhlas untuk kepentingan masyarakat mengelola PDAM yang sudah ada ini, karena bagaimanapun juga, Mengelola PDAM tidak seperti mengelola OPD yang ada. PDAM marwahnya bersentuhan langsung dengan masyarakat selama 24 jam tanpa henti setiap hari, tidak semudah yang di ucapkan, apalagi Sumber Air Andalan Pemkot Bima di Lelamase dan Dodu masih perlu membangun komitmen dengan warga setempat pelaksanaan operasionalnya." Jelas H.Khaer 30 September 2023 di Bima Sabtu Kemarin. (Jev Londa).