KONDISI PEMKOT BIMA SUDAH TAK PUNYA MARWAH, KOK TAMBAH GILA LAGI MAU LANTIK JPT BERMASALAH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KONDISI PEMKOT BIMA SUDAH TAK PUNYA MARWAH, KOK TAMBAH GILA LAGI MAU LANTIK JPT BERMASALAH

Senin, 25 September 2023


Kota Bima. Londa Post.- Kegaduhan terus mewarnai Jajaran Pemerintahan Kota Bima di akhir masa Jabatan Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE..Sejak dimulainya penggeledahan KPK disejumlah ruangan pejabat setempat, termasuk Ruangan Walikota Bima, sejak itulah kondisi dan stamina kinerja ASN kendor dan dinilai menurun. Ditambah lagi persoalan Rekruitmen JPt bermasalah hingga DPRD setempat menggelar RDP dengan Pejabat Eksekutif Soal JPT hingga bersurat minta evaluasi dan penundaan proses dan pelantikan hasil Seleksi Jpt ke KASN PUSAT.




Hari ini Senin 25 September 2023. Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE yang kurang lebih 20 jam lagi akan berakhir masa jabatanya Selasa 26 September 2023 masih memanfaatkan kehendaknya melantik 5 orang Pejabat JPT bermasalah sebagaiman Tentatif kegiatanya beredar hingga ke tangan publik hari Senin ini yaitu; Pada jam 8.00 pagi Wit 25 September 2023.



Pada hal Proses lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Pemerintah Kota Bima oleh KASN diputuskan  ditunda. Keputusan diketahui setelah Panitia Seleksi (Pansel) dan BKPSDM menerima surat rekomendasi penundaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan nomor B-3566/JP.01/09/2023. Surat tersebut ditujukan kepada Wali Kota Bima, Muhammad Lutfi.



Dalam surat rekomendasi penundaan yang diperoleh, terdapat 10 poin sebagai pertimbangan KASN rekomendasikan penundaan. Dua diantaranya dengan pertimbangan Kepala Daerah yang juga melekat sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) saat ini sedang menghadapi permasalahan hukum.



Kemudian yang kedua berdasarkan surat permintaan Wakil Wali Kota Bima, Fery Sofian dan Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan, S.Adm, menjadi bahan pertimbangan KASN untuk menunda Proses dan pelantikan JPT jajaran pemkot bima pada Agustus-september 2023 baru lalu.


Atas hal itu Media Londa Post mencoba konfrontir dengan Ketua Pansel Jpt Drs. H.Fakrunrozi,M.Si dengan mendapat jawaban tidak pernah ditelpon pak Wali atau BKPSDM Kota Bima terkait ada pelantikan Jpt hari ini." Coba telpon pak Sekda, saya tidak ada kabar dari pak wali dan kepala BKPSD soal pelantikan jpt." Ucap H.Fakrozi Via Hp Londa post Senin pagi tadi.


Sebelumnya pada jam 7 pagi tadi 25 september 2023, Londa post mendapat informasi dari salah satu pejabat pemkot bima yang enggan disebut namanya memberitahukan bahwa Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar landa tidak mau tandatangani persetujuan pelantikan JPT oleh Walikota Bima.


Atas hal ini LONDA POST MENERIMA TELPON PJ WALIKOTA BIMA IR.H.M.RUM dari konfirmasi Londa Post sebelumnya menanggapi bahwa pihaknya belum bisa intervensi terlalu jauh karena belum dilantik. " Saya Apresiasi jika sekda tidak mau tandatangani  persetujuan pelantikan, bagus itu, nanti saya tuntaskan setelah pelantikan saya." Demikian H.Rum pada Londa Post Via Hp Senin pagi tadi.


Baik Kepala BKPSDM, SEKDA KOTA BIMA HINGGA WALIKOTA BIMA H.LUTFI yang hendak dikonfirmasi, hingga berita ini diturunkan masing-masing belum aktif Hp-nya. Kita tunggu saja apa Walikota Bima H.Lutfi terus memaksakan kehendak melantik 5 pejabat JPT ? Sementara Pejabat KASN berwenang telah mengeluarkan putusan menunda, adalah resiko besar yang dialami para pejabat yang dilantik karena cacat Formil demi hukum dinyatakan TIDAK SYAH. (jev londa).