MINTA GUBERNUR NTB PERCEPAT PROSES DEVINITIF JABATAN KASEK SMAN 4 KOTA BIMA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

MINTA GUBERNUR NTB PERCEPAT PROSES DEVINITIF JABATAN KASEK SMAN 4 KOTA BIMA

Jumat, 02 Juni 2023




Kota Bima NTB. Londa Post.- Banyak pihak mempertanyakan Gubernur NTB DR. H. ZULKIEFLIMANSYAH, SE., M.Sc. menempatkan Pelaksana Tugas (Plt) Kasek SMAN 4 Kota Bima Hj. Siti Maryatun, S.Pd.,M.M yang sudah diangkat jadi pejabat Devinitif selaku KCD DIKBUD NTB untuk Wilayah Kabupaten dan Kota Bima.


Hj.Siti Maryatun,S.Pd,M.M sebelumnya menduduki jabatan fungsional Kasek SMAN 4 Kota Bima, dipindahkan ke Jabatan Struktural menjadi KCD Dikbud Bima-Kota, dan menduduki jabatan Kasek SMAN 4 Kota Bima ditempatkan lagi Hj.Siti Maryatun selaku Plt Kasek setempat (jabatan ganda) Sudah berjalan dua bulan ini.


Banyak pihak mempertanyakan Jabatan Plt kepala SMAN 4 Kota Bima ini, terutama orang tua siswa setempat. Pada LONDA POST, mereka mengaku khawatir akan menghambat penandatanganan Izajah sekolah anak-anaknya yang sudah dinyatakan lolos sebanyak 345 siswa dan tamat pada SMAN 4 Kota Bima pada tahun ajaran 2022-2023 diumumkan tanggal 4 mei 2023 oleh plt kasek baru lalu.


" Yang kami tahu, bahwa Plt kasek, tidak memiliki kewenangan terhadap proses administrasi penandatanganan IJAJAH Siswa. Ketentuan itu, telah diatur dalam Permendikbud No 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. “Selain itu, juga diperkuat oleh Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020, kecuali Plt Kasek sudah diberi surat mandat, jika tidak ada, tentu menghambat nasib kelanjutan anak kami menuju jenjang perguruan tinggi." Ucap salah seorang wali murid yang enggan disebut identitasnya.



Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bima Yogi Prima Ramadhan, SE, dan  - Taufik H.A.Karim,SH Ketua Komisi II DPRD Kota Bima dimintai tanggapan mengatakan; Kedua Wakil Rakyat ini mendorong pihak Gubernur NTB untuk segera menempatkan Kasek Devinitif menduduki jabatan Kasek SMAN 4 Kota Bima sebelum digelarnya penandatanganan Ijajah siswa setempat.


" Ketentuan aturan sudah cukup jelas, kami pihak legislatif Kota Bima, mendorong pihak Gubernur NTB, agar segera tempatkan Kasek Devinitif pada SMAN 4 Kota Bima, paling tidak, Plt Kepsek sudah harus memiliki surat mandat khusus agar bisa meneken ijazah. “Solusinya, Plt kepsek harus dapat mandat itu. Kami mengingatkan agar penandatanganan ijazah tidak menjadi polemik di kemudian hari,” Ucap ketua Komisi 1.


Sementara Ketua Komisi II Taufik H.Karim,SH mempertanyakan kebijakan Gubernur NTB memberi ruang lagi kepada Kasek setempat yang baru diangkat ke jabatan struktural menjadi KCD, untuk menduduki lagi jabatan plt kasek setempat. " Pada hal masih ada Wakasek, guru bahkan pengawas yang memenuhi syarat menduduki jabatan Plt pada Sekolah tersebut." Ucapnya


Pelaksana Tugas (Plt) Kasek SMAN 4 Kota Bima Hj. Siti Maryatun, S.Pd.,M.M dikonfirmasi Londa Post diruang kerja pada 2 Mei 2023 Jumat pagi tadi mengatakan, pihaknya mengaku saat ini jabatannya selaku KCD Dikbud Bima-Kota merangkap plt SMAN 4 Kota Bima, dalam tugas yang diembanya selaku Plt tetap berkomitmen kuat memajukan sekolah setempat.


Ditanya kewenanganya selaku pejabat Plt kasek untuk menandatangani Ijajah Siswa, pihaknya mengaku hingga hari ini belum ada rekomendasi dari Gubernur." InsaAllah dalam waktu dekat ini, saya akan mencoba komonikasikan dengan atasan saya, yang pasti dalam waktu sesegera mungkin rekomendasi itu pasti ada." Ucap Ibu Kasek.


Kadis Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqon, M.Pd dikonfirmasi Londa Post terkait penempatan Plt SMAN 4 Kota Bima dan Rekom penandatanganan Ijajah siswa bagi Plt mengatakan," Kaitan penempatan Plt Kasek Ada keputusan Mendikbud yg menjadi acuan operasionalnya. Tim masing2 bidang sudah menyampaikan penjelasannya." Untuk Detailnya sy carikan dulu Sama tim teknis bidang SMA." Demikian jawaban singkat SMS Kadis Dikbud NTB Fia WA Hp londa Post 2 Mei 2023 jumat pagi tadi.


Sekedar info Publik dan hasil pantauan Londa Post dilapangan menunjukkan bahwa: Jumlah Siswa SMAN 4 Kota Bima sebanyak 1098 siswa dengan total dana bos kisaran 1 milyar lebih per tahun dan penerimaan dana BPP dari wali murid kurang lebih 1, 2 milyar pertahun. Kondisi ini mendukung kegiatan pembangunan dan proses kegiatan belajar Sekolah menjadi sukses dan lancar. (Jev londa).