DP3A KOTA BIMA GELAR PELATIHAN MANAJEMEN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK TAHUN 2023

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DP3A KOTA BIMA GELAR PELATIHAN MANAJEMEN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK TAHUN 2023

Senin, 12 Juni 2023


Kota Bima. Londa Post.-  Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bima menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Tahun 2023 dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris DP3A Kota Bina Drs.Mukhlis bertempat di Aula Kantor Dinas Perpustakaan Kota Bima 12 Juni 2023 Senin pagi tadi.



Kegiatan tersebut dilaksankan selama 2 (dua) yakni Senin-Selasa tanggal 12 s/d 13 Juni 2023. Hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut, Unsur terdiri dari para Camat, Lurah, tokoh masyarakat, LSM, perwakilan pelajar serta sejumlah elemen Pemuda pemerhati perempuan daerah ini.


Ketua Panitia Pelaksana pelatihan M.Jafar, S. Sos yang juga Kepala UPTD PPA Kota Bima dalam laporannya mengatakan; tujuan kegiatan pelatihan ini adalah mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan mengoptimalkan perlindungan perempuan dan anak serta meningkatkan peran tanggung jawab masing-masing stakeholder terhadap korban kekerasan perempuan dan anak yang dilakukan secara konferhensif dan berkelanjutan melalui penanganan manajemen kasus. Paparnya.


Lebih jauh Ketua Panitia Pelatihan Manajemen Kasus bagi Sumber Daya Manusia UPTD PPA M.Jafar menjelaskan,  maksud dan tujuan Pelatihan ini adalah dalam rangka peningkatan manaejerial dan kapabilitas Sumber Daya Manusia UPTD PPA dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Bima.


Peserta Pelatihan ini menurut M.Jafar diikuti oleh 50 peserta yang dibagi dalam 2 hari untuk mengikuti pelatihan, yaitu mulai hari ini Senin 12 Juni hingga Selasa esok 13 Juni 2023, dengan melibatkan; dari unsur perwakilan Himpunan Organisasi Profesi, Lembaga Perlindungan, Lembaga Adat, perwakilan SKPD terkait, bidang terkait pada DP3A, serta para Lurah yang diundang secara acak. Paparnya.


Sementara Narasumber pelatihan ini diantaranya Kepala Dinas P3A Kota Bima, Perwakilan Kepolisian dalam hal ini Kanit PPA Polres Bima Kota, dan perwakilan Akademisi pemerhati Perempuan Kota Bima Nusa Tenggara Barat.


Kepala Dinas P3A Kota Bima Syahruddin,SH,M.M diwakili sekretaris DP3A  Kota Bima Drs.Mukhlis dalam sambutannya menyampaikan; permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak selalu menjadi perbincangan serius dan masih menjadi isu yang dihadapi oleh semua Negara. Hal ini tentunya masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah yang menjadi permasalahan dalam Pembangunan Daerah.


"Manajemen kasus merupakan pendekatan yang tepat dalam merespon kompleksitas permasalahan perlindungan perempuan dan anak di indonesia saat ini. melalui manajemen kasus, penanganan permasalahan terkait perlindungan perempuan dan anak dapat dilakukan secara komperhensif dan berkelanjutan." Ucap Sekdis.


Pihaknya berharap kegiatan ini beserta tindak lanjutnya, mampu menjadi anak tangga bagi suksesnya penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang komperehensif. hendaknya seluruh komponen terkait, mampu mensinergikan kegiatan pencegahan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Bima. Tutupnya.(jev londa).