DEWAN PENDIDIKAN MINTA KASEK DAN DEWAN GURU EDUKASI PUBLIK ATAS PROGRAM WIFI GRATIS OLEH WALIKOTA BIMA UNTUK KECERDASAN MASYARAKAT

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DEWAN PENDIDIKAN MINTA KASEK DAN DEWAN GURU EDUKASI PUBLIK ATAS PROGRAM WIFI GRATIS OLEH WALIKOTA BIMA UNTUK KECERDASAN MASYARAKAT

Senin, 13 Februari 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Demikian disampaikan Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abd.Azis,M.Pd pada acara Rakor Program Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Tingkat Kota Bima Tahun 2023, di Aula Rapat SDN 29 Tanjung Kota Bima 13 Pebruari 2023 Senin pagi tadi.


Acara Rakor tersebut dihadiri Unsur Pimpinan Dewan Pendidikan Kota Bima; Ketua Dewan Pendidikan Drs. Abd.Azis, M.Pd, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Jamaluddin,Spd, Sekretaris Dewan Pendidikan Drs.H.Juanda,M.Pd, Bendahara Dewan Pendidikan Sudiarty, A,Md serta sejumlah pengurus Komite Sekolah setempat dan diikuti oleh seluruh dewan guru sdn 29 Tanjung Kota Bima.



Dalam paparanya Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs.Abd.Azis,M.pd menyoroti pentingnya Rakor tersebut sebagai langkah koordinasi sekolah yang berisi penyampaian ide, gagasan pengembangan sekolah dan tanggapan serta mufakat anggota menjadi “gending” penyelaras yang akan memantik irama kebersamaan dan kerja sama stakeholder sekolah. Paparnya.


Tidak hanya itu, Ketua Dewan Pendidikan meminta agar setiap persoalan interen lembaga pendidikan di-Sekolah, hendaknya diselesaikan kekeluargaan, jika perlu lewat pintu pengawas atau Dewan Pendidikan. " Hendaknya semua masalah dibawah tidak perlu meminta turun tangan Kepala Dinas apalagi Kepala Daerah." Syaran Abd.Azis.


Lebih jauh Abd.Azis katakan, Dewan Pendidikan Kota Bima selaku mitra Pemda, sangat menyesalkan ada pihak yang menilai miris terhadap program Pemasangan Wifi gratis oleh Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE (HML) saat ini. " Wifi Gratis bagi masyarakat di seluruh Kelurahan di Kota Bima adalah Menuju Kelurahan Pintar dan Rakyat Cerdas," dan ini Visi misi Wali Kota Bima H.ML, apalagi saat sekarang kebutuhan internet masyarakat semakin tinggi dan para Siswa sangat merasa terbantu." Jelasnya.


Pihaknya berharap kepada Para Kasek dan Dewan Guru agar bisa memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya saat rapat Komite Sekolah terkait pentingnya Wifi gratis untuk rakyat Daerah ini." Keberadaan wifi gratis ini juga tidak hanya pemacu kinerja pemerintah Kelurahan, juga membantu pelajar, mahasiswa dalam menerima akses kelancaran kebutuhan pembelajaran mereka untuk akses informasi yang dibutuhkan." Paparnya.


Sementara Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Jamaluddin,Spd dalam paparanya mengatakan; Tugas pokok dan fungsi Anggota Dewan Pendidikan memiliki empat peran penting yang strategis yaitu: memberikan pertimbangan dan rekomendasi (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan arah dan kebijakan pendidikan yang diambil oleh Kepala Daerah dan pimpinan instansi terkait lainnya khususnya bidang pendidikan. " Program Wifi gratis Walikota Bima utk masyarakat harus didukung, karena bersentuhan dengan kemudahan para siswa disekitar untuk menggunakan internet pendukung kegiatan belajarnya.


Dewan Pendidikan juga memiliki fungsi kontrol dan pengawasan dalam menjamin transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan, capaian, dan dalam hal tata kelola pendidikan di Kota Bima, melaksanakan tugas sebagai mediator antara pihak eksekutif, legislatif, yudikatif, dan masyarakat. Juga dalam menangani berbagai problematika bidang pendidikan di Kota Bima,  memberikan dukungan optimal (supporting agency) baik berupa tenaga, material, maupun pemikiran dalam menyukseskan penyelenggaraan pendidikan di Daerah ini. Ucap mantan Pengawas Senior Pendidikan Kota Bima ini.


Dilain pihak Bendahara Dewan Pendidikan Kota Bima Sudiarty, A Md menyoroti tingkat kemajuan Sekolah bergantung sungguh pada semangat kinerja Kasek dan para guru yang ada." Guru yang jujur dan disiplin tinggi, adalah penentu suksesnya mutu pendidikan di daerah. SDN 29 Tanjung Kota Bima adalah Sekolah Penggerak dan pihaknya tidak meragukan kehebatan Kasek SDN 29 Tanjung Sri Wahyuni,Spd yang dinilainya kasek yang mampu menggerakkan instrumenya yang ada dari rekam jejaknya Kasek Disiplin tinggi.


" SDN 29 Tanjung Kota Bima adalah Sekolah Penggerak dengan jumlah siswa 525 siswa, saya acungi jempol pada Kasek 29 Tanjung yang saya nilai disiplin dan berdedikasih tinggi, namun hal ini diharapkan Para Guru terus berkarya dan berinovasi, karena danpak dari kehebatan para guru setempat memajukan Sekolah akan terdorong masyarakat Wali murid tertarik membidik Sekolah tersebut menjadi Sekolah Faforid bagi Putra-Putrinya. Papar Sudiarty.


Kasek Sdn 29 Tanjung Kota Bima Sri Wahyuni,Spd dalam pengantarnya menyampaikan; Rapat Koordinasi Sekolah adalah Wahana Evaluasi dan Perencanaan Sukses Pembelajaran.  Selaku kepala sekolah, pihaknya berterima kasih atas kehadiran unsur Pengurus Dewan Pendidikan Kota Bima.


 " Saya berterimakasih pada pengurus Dewan Pendidikan yang bisa semua hadir pada acara Rakor Sdn 29 Tanjung Kota Bima kali ini, dan ini kerja sama yang solid untuk kelancaran dan kesuksesan agenda pengembangan sekolah meningkatkan mutu pendidikan di daerah." Ucapnya.


Pihaknya menyadari konteks sekolah sebagai organisasi. Sebagai seorang pemimpin, maka posisi Kepala Sekolah (Kepsek) sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Bila kualitas pendidikan di suatu sekolah belum baik, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya kualitas kepemimpinan Kepsek juga belum baik.


" Sebagai Kepsek tentunya saya bertanggung jawab dan mempunyai kewajiban untuk berusaha agar semua potensi yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan yang diharapkan, diantaranya mendorong sumber daya sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah, terutama hubungan dengan masyarakat, guna terciptanya iklim sekolah yang nyaman menuju kesuksesan." Terang Sri Wahyuni mengakhiri sambutanya.


Paparan akhir disampaikan Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Bima Drs.H.Juanda,M.Pd. Pengelolaan Pendidikan ada elemen penting yang harus berkolaborasi yaitu ada kasek, ada guru dan ada sarana prasarana sekolah. Jika ke-tiga hal ini baik sudah barang tentu capaian kesuksesan pendidikan akan terwujud. Ucapnya.


Dosen salah satu Universitas di tanah Bima ini meminta para Kasek agar mampu dan berani membuat Jurnal guru, selaku tenaga pendidik. " Kasek harus berani membuat Jurnal guru. Jurnal ini menurut H.Juanda, pada dasarnya berkaitan dengan peningkatan pendidikan, kurikulum, kebijakan, dan pelatihan dalam jabatan. Serta semua scope keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan. Dan ini bisa menjadi acuan kenaikan pangkat dan golongan Guru. Jelasnya.


Lebih jauh ia jelaskan; Peranan guru dan keberadaanya ditengah masyarakat sangat mulia. Oleh karenanya jadilah sosok guru panutan yang lahir bathin dalam mengemban tugas. " Seorang Guru harus pegang teguh Kejujuran. Karena kejujuran adalah ibarat mata uang yang berlaku dimana-mana, terkandung maksud bahwasannya orang jujur pasti jauh lebih dihargai dari orang pintar tapi tidak konsisten. Jelasnya.


Mengakhiri paparanya, Dosen Senior pada STKIP Bima ini mengharapkan pada Seluruh Kasek dan guru yang ada, agar terus berkarya dan berinovasi, membangun kemitraan elok dengan masyarakat yang ada terutama SDN 29 Tanjung Sebagai Sekolah Penggerak. " Bangun kemitraan yang baik dengan Komite Sekolah, bagaimanapun juga tanpa dukungan rakyat lewat Komite Sekolah tidak akan bisa diwujudkan kemajuan pendidikan di Sekolah." Jelasnya. (Jev londa).