BNNK Bima Dan TP.PKK Kab Dompu Kerjasama Proteksi Keluarga Dari Ancaman Narkoba

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BNNK Bima Dan TP.PKK Kab Dompu Kerjasama Proteksi Keluarga Dari Ancaman Narkoba

Jumat, 21 Oktober 2022

 


Dompu. Londa Post.- Dengan Dilibatkanya Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dompu dalam  Penguatan dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dikalangan anak - anak dan Remaja Di Kabupaten Dompu, merupakan langkah  yang tepat bagi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bima.


Oleh karena itu, BNNK Bima menggandeng TP PKK Kabupaten Dompu untuk bersama-sama mengkampanyekan bahaya narkoba khususnya di lingkungan keluarga, demi mewujudkan Kabupaten Dompu yang bermotto " NGGAHI RAWI PAHU, ini, sebagai Kabupaten Bersinar (Bersih Narkoba).



Penandatanganan perjanjian kerjasama (MOU) antara Badan Narkotika Nasional kab. Bima dengan TP. PKK  kab. Dompu tentang peningkatan peran kader PKK dalam pelaksanaan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di kab. Dompu disaksikan oleh TP. PKK Provinsi NTB  dan BNK kab. Dompu


Kegiatan ini digelar pada Jumat 21 Oktober 2022 di Sekretariat TP.PKK Kabupaten Dompu. Perjanjian Kerja Sama ini, ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh kedua belah pihak yaitu: Selaku pihak pertama dalam kerjasama tersebut adalah Kepala BNNK Bima AKBP Hurri Nugroho, SH, MH dan Pihak kedua Ny. HJ. Lilis Suryani H. Kader Jaelani Selaku Ketua TP.PKK Kabupaten Dompu yang juga istri Bupati Dompu.



Acara ini tidak hanya Pertemuan Penguatan Jejaring Pola Asuh Anak Dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Narkotika nasional KAB. BIMA dengan TP. PKK KAB. DOMPU di Kabupaten Dompu Tahun 2022 ini.


Adapun ruang lingkup dari Perjanjian Kerjasama antara BNN Kabupaten Bima dengan TP PKK Kabupaten Dompu NTB ini, antara lain penguatan Komunikasi, Informasi, Edukasi tentang pencegahan penyalahgunaan narkotika juga penguatan sumber daya Tim Penggerak PKK dalam program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan kerjasama lain yang disepakati oleh kedua belah pihak untuk mewujudkan Daerah Dompu yang Bersinar (Bersih Narkoba).



Kepala BNN Kabupaten Bima AKBP Hurri Nugroho, SH,MH menilai, langkah pencegahan sedini mungkin adalah suatu langkah tepat untuk memproteksi keluarga dari ancaman Narkotika. “Peran PKK sangat penting sekali untuk bisa masuk dan menyentuh keluarga-keluarga di Kabupaten Dompu. Oleh karena itulah PKK diharapakan dapat berpartisipasi aktif untuk mendiseminasikan informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba khususnya di Kabupaten Dompu. Ujar Hurri.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu Hj. Lilis Suryani menyampaikan apresiasi kepada BNN Kabupaten Bima yang telah melibatkan TP PKK Kabupaten Dompu dalam rangka mencegah dan menanggulangi narkoba yang ada di wilayah Daerah Dompu.


“Mudah-mudahan melalui penandatanganan MoU ini nantinya TP. PKK Kabupaten Dompu dapat memberi pengetahuan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada Ibu-ibu PKK yang ada di Kabupaten Dompu, sehingga nantinya dapat memberi pemahaman kepada anak-anaknya terkait bahaya menyalahgunakan narkoba dan dapat mencegah pemakaian narkoba di masyarakat” ucapnya.



Lebih Jauh Hj. Lilis katakan, melalui POKJA I, pihaknya memiliki program Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital untuk meningkatkan peran orang tua dalam membentuk dan membangun karakter anggota keluarga melalui wadah kelompok Bina Keluarga dan Remaja. Berbagai upaya telah dilakukan TP.PKK Kabupaten Dompu, termasuk menyiapkan keberadaan Relawan Anti Narkoba Tingkat Kecamatan dan Desa di Kabupaten Dompu. Paparnya.


"Saya mengimbau kepada para pengusaha, BUMD, lembaga/ormas Penggiat Penyalahgunaan Narkoba untuk mendukung kegiatan ini. " Dengan telah ditandatangani Kerjasama ini, tentunya kita siap menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan membentuk relawan anti narkoba di-seluruh Kecamatan dan Desa di Kabupaten Dompu." Papar Hj. Lilis.



Turut hadir juga pada acara tersebut Kepala BNNK Kabupaten Bima AKBP Hurri Nugroho,SH,MH, unsur Forkominda, Sekda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu beserta Wakil Ketua TP-PKK beserta anggota TP-PKK Kab. Dompu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Dompu beserta jajaran, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Dompu, Dirut BUMD Kab. Dompu, Pengurus Bhayangkari Kab. Dompu, Pengurus Kodim 1614 Dompu, para sesepuh PKK dan Ketua Organisasi Wanita, para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Dompu, serta para tamu undangan lainya. (Jev Londa).