Sekda Akan Panggil Kasek SDN 19. Dinilai Lalai Tidak Merawat Lingkungan Sekolah

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Sekda Akan Panggil Kasek SDN 19. Dinilai Lalai Tidak Merawat Lingkungan Sekolah

Kamis, 22 September 2022

 



Kota Bima. Londa Post. - Sikap Pemerintah Kota Bima tidak main - main untuk memberi sanksi tegas terhadap para kasek, baik Kasek SDN juga Kasek SLTPN yang sengaja membiarkan Lembaga pendidikan yang dipimpinnya tidak terurus atau tidak terawat dengan baik.


Pasca hasil investigasi Media Londa Post dilapangan pada 22 September 2022 Kamis dini hari tadi, ditemukan salah satu SDN Bertingkat atau SDN faforit yang merupakan SDN Percontohan didaerah ini. Yaitu SDN 19 Kota Bima yang beralamat di Jln. Soekarno - Hatta No. 64 Raba Bima, Rabangodu Utara, Kec. Raba, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.


Menurut data yang diperoleh media ini, SDN 19 adalah Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bima yang letaknya cukup Strategis di ibukota Kota Bima pinggir jalan Protokol dengan jumlah guru sebanyak 36 orang, jumlah siswa perempuan sebanyak 276, siswa laki-laki 290 serta jumlah rombongan belajar 18 rombel. Dari total jumlah siswa tersebut kurang lebih 190 juta rupiah Kucuran Dana Bos yang diterima SDN bertingkat ini.


Setelah Media ini mencoba menelisik masuk dihalaman Gedung Sekolah bertingkat yang begitu banyak mendapat perhatian pemerintah dari ratusan juta anggaran Dana Bos ini, sungguh misteri yang mencengangkan bagi siapapun yang melihatnya. Pasalnya," halaman taman tidak terurus, pot bunga terbengkalai, papan jaring Bola Basket siswa sudah rapuh, dan yang memprihatinkan Tembok pagar sekolah rusak parah tak terurus.


Fakta ini mengundang Sekda Kota H.Muhtar, SH,MH angkat bicara. Sebagai pejabat Tertinggi ASN daerah ini, tidak ingin dirinya dinilai gagal membina ASN yang ada. Sekretaris Daerah (Sekda) bertindak sebagai Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah (KPKD) dan sebagi Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diberi kewenangan untuk menyusun anggaran, dan paham arus anggaran Dana Bos pada Sekolah-Sekolah.


Lantas ada apa pihak kasek SDN 19 Kota Bima, hanya dengan menggati pot bunga, menutup lubang tembok pagar sekolah untuk keamanan dan kenyamanan sekolah saja tidak bisa dilakukan oleh pihak Kepala Sekolah setempat.



Dengan melihat kondisi SDN 19 Kota Bima info media Londa Post ini, pihak Sekda akan segera memanggil Kasek SDN 19. “ Saya akan segera panggil kasek SDN 19, dan kita akan mengecek terlebih dahulu, jika memang ada indikasi ke arah pembiaran atau sengaja lalai sudah pasti kami akan jatuhkan sanksi,” jelas sekda pada Londa Post fia HP 22 September 2022 Kamis dini hari tadi.


Menurut Sekda, pihaknya terus menekankan kepada seluruh sekolah baik ditingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk serius dalam menjaga lingkungan sekolah. “Sudah jelas sekali program wajib bagi seluruh sekolah yang ada di Kota Bima untuk menata keindahan Sekolah, karna kita semua tau kalau walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE menginginkan sekolah yang bersih, nyaman dan sehat bagi siswa dan para guru,” paparnya.


Hal yang menarik disimak pada SDN 19 KOBI ini, adanya sejumlah pengurus Komite Sekolahnya yang meminta Kasek SDN setempat Hely Refliyani untuk di-copot jabatanya." Kami minta Kasek SDN 19 di Copot saja dari kasek ini, karena tidak pernah undang kami pengurus komite sekolah setiap ada kegiatan pembangunan sekolah. Ungkap Wahyudin Ardiansyah,SH.


Demikian juga Pengurus lainya. Sekretaris komite SDN 19 Kota Bima Nasarudin,S.Sos. pihaknya merasa bahwa kasek sdn 19 kobi ini kurang komonikatif dan koordinasi dengan kami komite sekolah." Kalau komite sudah tidak difungsikan lagi oleh kasek. Yah..hanya ada 2 pilihan bubar komite dan geser kaseknya. Jelas Nasarudin.


Sementara kasek SDN 19 KOTA BIMA HELY REFLIYANI dikonfirmasi membatah kalau dirinya tidak pernah komonikasi dengan pihak komite." Saya tetap komonikasi dan undang pihak komite sekolah. Itu tidak benar. Mohon pak wartawan Londa ke Kantor sy besok, hari ini saya ada urusan penting." Jelas Kasek fia jaringan hp kamis dini hari tadi.


Kita tunggu hasil panggilan Sekda Kota Bima terkait dugaan pembiaraan lingkungan sekolah yang dinilai tidak terawat oleh pihak Kasek SDN 19 Kota Bima. Tunggu lanjutan beritanya pada edisi berikutnya. (Jev londa).