Terobosan Disdukcapil Kab Bima Sambut Pemilu 2024, Beri Layanan Administrasi Kependudukan Dari Desa Ke- Desa

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Terobosan Disdukcapil Kab Bima Sambut Pemilu 2024, Beri Layanan Administrasi Kependudukan Dari Desa Ke- Desa

Kamis, 25 Agustus 2022

 


Bima. Londa Post.- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) Kabupaten Bima Salahudin, SH,MS,i, rupanya sangat cepat dan tanggap merespon program yang dicanangkan Ditjen Dukcapil kemendagri RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membangun kolaborasi dan sinergisitas guna menuntaskan masalah data pemilih Pemilu Presiden, Legislatif, dan Kepala Daerah tahun 2024 mendatang.


Sebagaimana kita ketahui, Bupati Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) sebelumnya menekankan pentingnya komitmen dan penyamaan persepsi di antara jajaran Dukcapil Kabupaten Bima dengan pihak KPUD setempat. Hal ini, harus dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 mendatang. Seperti Pilkada Kabupaten Bima lalu, data-data dari Dukcapil pasti akan menjadi sektor andalan. Demikian juga menghadapi Pilkada serentak dan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024.


Pada pertemuan exsklusif Pimpinan Londa Post dengan Kadis Dukcapil Kab Bima Salahuddin,SH,MS,i 25 Agustus 2022 Kamis dini hari tadi, pihaknya bersinergi dengan KPUD Kab Bima terkait persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh Kabupaten Bima penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat dan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).


Hal ini dapat terwujud pelayanan  yang terintegrasi, dan tentu akan berdampak baik bagi masyarakat. Misalnya, pengurusan Kartu Keluarga (KK), dan KTP, akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Tidak hanya itu kata kadis. Pelayanan urusan administrasi Kependudukan yang diterapkan Disukcapil Kab Bima sejak tahun 2020 melakukan tetobosan dor to dor (dari pintu ke pintu). kediaman warga. Jelasnya.


Lebih jauh ia katakan, tetobosan ini tidak hanya kolaborasi dengan pihak KPUD setempat. Juga dalam hal Perekaman KIA telah dilaksanakan di Desa Kawuwu (SD dan SMP) di bulan agustus 2022 baru lalu. Kerjasama Disdukcapil dengan perguruan Tinggi Daerah tengah dilakukan dengan pelibatan langsung Mahasiswa KKN. Jelasnya.


Dikatakanya, pada Rabu 24 agustus 2022 baru lalu, tim Disdukcapil Kabupaten Bima melakukan perekaman KTP strategi jemput bola dengan mendatangi warga di Dusun Rasanggaro Desa Timu Kecamatan Bolo. Hal ini dilakukan Tim dari Bidang Dafduk dan Capil M.Amin Mansyur,ST,MT dan AHYAR,SP.MS,i, sementara satu bidang menyebar dikawasan lain untuk pelayanan Administrasi kependudukan. Jelas kadis.



Situasi perekaman KTP warga di Dusun Rasanggaro Desa Timu Kecamatan Bolo, oleh Tim Bidang Dafduk AHYAR,SP.MS,i, Rabu 24 agustus 2022. Warga sakit yg tidak memungkinkan untuk mengurus KTP di Disdukcapil.


Mengingat pentingnya warga masyarakat memiliki Kartu elektronik. Pihak Disdukcapil Kabupaten Bima bekerja maraton untuk turun ke desa-Desa pada triwulan pertama dan ke-2 tahun ini yaitu: Ke Desa Nggembe Kec. BOLO, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Panda, Desa Ngali dan Desa Ncera, Desa Lanta dan Kowo Kecamatan Sape. Semua ini dalam rangka wujud pelayanan prima Visi misi Pemerintahan Kabupaten Bima dibawah Kendali IDP, agar warga masyarakat dengan mudah mendapatkan KK/KTP,KIA dan Akte Kelahiran. Papar Kadis. (Jev Linda).