Sambut HUT Kota Bima Ke-20 Thn 2022, Tertayang Sederet Torehan Kesuksesan HML Membangun Daerah

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Sambut HUT Kota Bima Ke-20 Thn 2022, Tertayang Sederet Torehan Kesuksesan HML Membangun Daerah

Minggu, 27 Maret 2022





Kota Bima Londapost Online.- H.Muhammad Lutfi,SE, adalah Walikota terpilih pada pilkada serentak Juni 2018 lalu dipercaya rakyat daerah ini untk mengendalikan roda Pemkot Bima masa bhakti 2018-2023.

Pantauan Publik  yang dihimpun Londa Post kurun waktu tiga setengah tahun perjalanan Kota Bima di Nakhodainya, telah berhasil menorehkan sederet kesuksesan baik bidang sosial kemasyarakat, bidang Pemerintahan hingga sederet infrastruktur kegiatan pembangunan daerah ini, mengalami kemajuan signifikan diantaranya; 


Pembangunan Rumah Sakit Umum Kota Bima, Sejumlah Puskesmas termewah, Mesjid Nur Alatif, Mesjid Al-Muwahidin Bima,  Taman Baca Gedung Perpustakaan Megah, pengembangan Sayap Kantor Walikota Bima, Pembangunan Taman Ama Hami dan Taman Kodo, penataan keindahan wisata pantai Lawata sebagai salah satu pendongkrak PAD, pembangunan jalan Jembatan hingga Bendungan dan Saluran irigasi pertanian.


Hal ini sesuai Visi yang diambil Putra Daerah ini dengan janji politiknya mewujudkan masyarakat Kota Bima yang Sehat, Sejahtera, Mandiri Aman dan Damai. Dalam mewujudkan Visinya tersebut, tertuang Misi dalam Rencana Program Jangka Menengah dan jangka Panjang untuk daerah ini.


Pada jangka menengah menurut pandangan publik secara umum telah terwujud pada sektor pertanian, Pariwisata, pertumbuhan ekonomi melalui dana Kelurahan dan pelayanan publik. Pengembangan layanan berbasis Tekhnologi informasi dengan diresmikannya Commad Center oleh Walikota Bima sebagai salah satu program unggulan Pemkot Bima memberi pelayanan yang cepat dan mudah bagi warga masyarakat. 


Gedung Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Menengah hingga Perguruan Tinggi, tidak luput dari perhatian HML Walikota Bima untuk merenofasi dan pembangunan baru ruang kelas, juga telah Sukses mendirikan satu Perguruan Tinggi Islam negeri ( IAIN ) di Kota Bima.


Disisi lain; Kiprah PKK Kota Bima dibawah kendali Hj. Ellya H.ML, memberi bnyak konstribusi yang luar biasa utk kemajuan pembangunan Daerah. Hampir seluruh lini program kemajuan daerah tertayang dedikasih Srikandi Kota Bima dengan Bendera PKK ini, hingga sukses mencanangkan Vaksinasi Covid-19 berbasis sentuhan seluruh masyarakat di Kelurahan Kota Bima.


Tidak hanya itu; Bidang Keagamaan, Pemkot Bima dibawah Komando H.Muh.Lutfi yang akrab disapa HML ini, sangat memprioritaskan  bantuan pembangunan Mesjid diberbagai Kelurahan dengan pagu dana yang cukup memadai. Puluhan miliar membantu penyelesaian pembangunan Mesjid Raya Al-Muwahidin Bima dan Ratusan juta untuk pembangunan disejumlah Mesjid Kelurahan di daerah ini. 


Kemampuan dan kesuksesan Walikota Bima dikendali HML ini, telah mampu melakukan komonikasi elok dengan pihak Petinggi  Kabupaten Bima terhadap pengalihan Seluruh Asset Pemkab bima kepada Pemkot Bima yang ada diwilayah hukum Pemkot bima, yang pada Pimpinan Daerah sebelumnya belum berhasil dan bnyak aral hambatanya.


Sementara untuk Jangka Panjang program H.Muhammad Lutfi yang signifikan pemanfaatan kemaslahatan rakyat,  merencanakan pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) dan pembangunan Dam Raksasa dikawasan Timur Kota Bima berfungsi sebagai penangkal arus banjir dan penampung air untuk menopang kesuksesan peningkatan bidang pertanian rakyat Kota Bima khususnya disaat musim kemarau.


Di tahun ke tiga, hingga paroh akhir memasuki thn 2022 ini; Permasalahan berat yang dihadapi Kempemimpinan Lutfer ini, adalah Pandemi- Covid 19 yang sampai saat ini masih sangat memukul sendi-sendi perekonomian warga Kota Bima. Kendati skala Daerah baik NTB khususnya Kota Bima capaian Vaksinasi Covid - 19 telah melebihi target 80%, namun wabah ini belum menjamin berakhir di negeri ini. Capaian PAD- pun cukup terasa menurun dratis, namun hal tersebut tidak begitu menghambat Visi-Misi yang telah ditetapkanya.


Penanganan Covid-19 di Kota Bima termasuk kategori paling baik. Kota bima dari pantauan Londa Post menerapkan Vaksinasi berbasis Kota Bima menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sinergitas Pemkot Bima dengan TNI -POLRI, Kekompakan Forkopimda, hingga para camat dan seluruh Lurah bergerak cepat menggenjot Vaksinasi masyarakat.


Dengan melibatkanya OPD yang bersinergis dengan Kodim 1608 Bima -Polres Bima Kota, Rumah Sakit Umum dan Puskesmas serta Seluruh Aparatur Kelurahan yang ada, termasuk pelibatan kemitraan Pemkot Bima dengan Media masa sebagai wadah penyampai aspirasi masyarakat dan peningkatan informasi publik terhadap seluruh kegiatan pembangunan di daerah. Walikota bima HML sungguh sangat dekat dengan insan Pers di daerah ini.


Ini langkah maju Kota Bima dibawah kendali HML dalam menakhodai Daerah ini, semua komponen elemen masyarakatnya terlebih kalangan Birokrasinya seiring sejalan dalam mendukung program pembangunan daerah Kota Bima. 


Kemajuan dan kesuksesan program pembangunan daerah ini, tidak luput dari adanya Keharmonisan Eksekutif dan Legislatif yang sama-sama berkomitmen kuat memajukan Daerah ini.


Tepatnya pada 10 April 2022 HUT Kota Bima ke-20, memasuki 3,5 tahun Kota Bima dikendali H.Lutfi,SE dan Feri Sofian,SH dari pelantikanya Selaku Walikota dan Wakil Walikota Bima di Hotel Lombok Raya Mataram pada hari Rabu tanggal 26 September 2018 lalu.


Di-awal tahun 2022, dari Pantauan Media Londa Post. Ada 4 prestasi dan 3 penghargaan yang ditorehkan H.Muhammad Lutfi,SE dalam memimpin Kota Bima sebagai Refleksi menyambut HUT KOTA BIMA KE-20 tahun 2022. sederet penghargaan tersebut diantaranya: 


Pemkot Bima meraih prestasi dan menerima penghargaan pada Rabu 23 Maret 2022 dari Gubernur NTB sebagai Pemda yang memiliki komitmen tinggi Penyelesaian Penyusunan  Devloment Grand Design Pembangunan Kependudukan(GDPK). Pemkot Bima meraih penghargaan  Anugerah Penyiar KPID NTB 2022 dari Gubernur NTB sebagai Daerah Pemenang KPID NTB tahun 2022. 


Hal yang luar biasa Pemkot Bima mampu meraih prestasi dan penghargaan peringkat ke-2 Monitoring Center For Prevention (MCP) KPK-RI se-Propinsi NTB. Suatu prestasi yang tidak mudah diraih, karena 8 area indikator penilaian KPK pada daerah tentu dibutuhkan Sosok Kepala daerah yang cerdas dan tangguh mengelola manejemen pemerintahanya. Dan ini telah dimiliki H.Muhammad Lutfi. 


Tidaklah berlebihan kiranya Londa Post meneruskan pandangan warga Kota Bima terhadap kesuksesan H.ML dalam memimpin Daerah ini. " Kesuksesan H.ML dalam mengendalikan Roda Pemerintahan Kota Bima ini, adalah ada sosok wanita kuat dan tangguh dibelakang HML sebagai pendorong dan penyemangat, Srikandi Hj.Elly Alwayni sang Bunda Literasi, pendorong dan pejuang dengan Bendera PKK mewujudkan Cita-Cita Luhur HML mensejahterakan rakyat Kota Bima.( Jev Londa).