DLH KOTA BIMA LAKUKAN PEMBERSIHAN PANTAI AMAHAMI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DLH KOTA BIMA LAKUKAN PEMBERSIHAN PANTAI AMAHAMI

Senin, 06 Mei 2024

Kota Bima. Londa Post.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kali ini pada Senin 6 Mei 2024 menurunkan sejumlah petugas kebersihan guna melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang Pantai Taman Wisata Amahami Kota Bima.


“Hal ini kita lakukan untuk menciptakan kawasan Pantai Amahami yang bersih dan asri sebagai salah satu objek wisata unggulan Kota Bima,” demikian disampaikan Kadis DLH Kota Bima Syarief Rustaman, SOS., M.AP pada Londa Post dilokasi pagi tadi.


Ia mengungkapkan, dalam kegiatan aksi bersih-bersih Pantai Amahami Kota Bima ini, pihaknya memandang bahwa di pekan akhir April hingga awal mei 2024, pengunjung yang datang di pantai Amahami cukup ramai, terutama pasca kegiatan Vestifal Rimpu Mantika kota Bima baru lalu.


Menurut Kadis DLH, Pembersihan dan pengangkutan sampah dimulai pada Titik pertama dekat Mesjid terapung hingga ke selatan sepanjang pantai yaitu dimulai dari pinggir pantai, Selanjutnya sampah-sampah tersebut diangkut dengan kendaraan khusus menuju lokasi pembuangan akhir (TPA), sampah di kawasan Oimbo Kota Bima.


“Alhamdulillah kegiatan aksi bersih-bersih ini berjalam lancar dan maksimal. Kegiatan ini bukan hanya membersihkan begitu saja tapi juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat atau pengunjung agar selalu menjaga kebersihan dimana saja berada salah satunya di kawasan wisata. Kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi,” tuturnya. 

Kepada Media Londa Post  Kadis DLH Kota Bima mengungkapkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan masyarakat yang berkunjung di Pantai Amahami, pantai Lawata dan Pantai wisata Kolo sekitarnya agar menjaga kebersihan pantai untuk menghindari pencemaran laut dengan cara :


- Tidak membuang sisa-sisa makanan dan kemasan minuman ke pinggir laut.

- Batasi penggunaan makanan dan minuman dalam kemasan plastik.

- Gunakan botol minuman atau tumbler untuk meminimalisir sampah plastik.

- Merapikan sampah-sampah sisa makanan dan membuang sampah pada tempat yang telah tersedia.

Kebersihan lingkungan kata Kadis DLH, adalah tanggung jawab bersama khususnya masyarakat. Pihaknya selalu terbuka bagi siapa saja yang akan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Bima dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Pemerintah memfasilitasi dan memberikan dukungan, namun yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat itu sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi produksi sampah terutama yang berbahan plastik." Ucapnya


"Pantai Amahami dan Lawata Kota Bima saat ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat lokal. Untuk itu, kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan Pantai ini dibutuhkan agar tetap menjadi lokasi wisata yang nyaman." jelas kadis Syarief (jev londa).