DI KOTA BIMA HARGA BERAS MELEJIT RAKYAT MENJERIT, KEPADA SIAPA HARUS MENGADU ?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

DI KOTA BIMA HARGA BERAS MELEJIT RAKYAT MENJERIT, KEPADA SIAPA HARUS MENGADU ?

Sabtu, 04 November 2023


Kota Bima. Londa Post.- ditengah situasi ekonomi yang masih sulit, masyarakat Kota Bima NTB semakin terjepit dan menjerit akibat harga beras yang terus melejit naik. Justru Pemerintah daerah ini mengklaim tingkat inflasi di Kota Bima sukses ditekan.


Pada hal, harga beras yang berefek kenaikan harga barang lainya tambah meroket. Saat ini rakyat kalangan bawah daerah ini menjerit dengan naikan harga beras ini. Mengapa harga beras terus melonjak dan memecahkan rekor harga beras tertinggi dan semakin tak terkendali di daerah ini.


Pantauan Media " LONDA POST" dilapangan hari ini Sabtu 4 Nopember 2023 menunjukkan;  kenaikannya luar biasa. Beras 10 kilogram yang sebelumnya di kisaran Rp 130.000 menjadi Rp 155.000 dan naik lagi mencapai Rp 175.000 untuk 10 kg.


Di pastikan harga yang naik bukan cuma beras. Juga menyusul harga sembako lainnya akibat efek domini kenaikan harga beras. Ini benar-benar terasa berat yang tengah yang dirasakan rakyat kecil. Harga-harga seperti pendaki gunung yang lupa turun. Sebagai orang yang berada di golongan abu-abu, tidak kaya dan tidak miskin. Saya bisa merasakan dan menyimpulkan bahwa telah terjadi inflasi meluas di Kota Bima saat ini.



" Pemerintah dalam hal ini pj walikota Bima harus segera turun tangan guna stabilkan harga beras ini." Barusan saya beli beras di pasar, harganya 175.000 per 10 kg dan itu sudah tidak bisa ditawar lagi." Ucap salah seorang ibu rumah tangga yang mengaku asal warga Kelurahan Dara pagi tadi.


Juga dikawasan Kelurahan Dodu RasanaE Timur Kota Bima. Harga beras capai Rp 16.000 per kg. " Untuk harga dipenggilingan, beras sudah capai harga 15 ribu rupiah per kg." Jelas salah seorang ASN Kelurahan Dodu dikonfirmasi pagi ini.



Camat Asakota Kota Bima Suryadin,SH membenarkan harga beras di Kecamatanya melambung tinggi. " Di Kecamatan Asakota harga beras capai Rp 15.000 per kg, rakyat benar-resah dan berat menghadapi kenyataan ini." Ucapnya.



Pertanyaan-pertanyaan tidak berujung terus menukik-nukik di kepala banyak orang. Bagaimana melanjutkan hidup esok hari? Lusa? Entah, lantas dimana rakyat harus bertanya dan mengadu kalau tidak kepada pimpinan daerah. Masyarakat Kota Bima cuma bisa berharap harga-harga jangan lama-lama naiknya. Berat, kami (rakyat kecil) tidak akan kuat. " ucap ibu Darfiah pada Londa Post dipasar Raba kota Bima sabtu 4 Nopember 2023 pagi tadi.


Media Londa Post mencoba mencek harga beras di pasar Raba Sabtu 4 Nopember 2023 pagi tadi menunjukan harga beras giling capai 15 ribu hingga 16 ribu rupiah per kg. Dengan fakta ini dalam kurun waktu Awal Oktober hingga awal Nopember 2023 ini, harga beras di Kota Bima tidak mengalami penurunan. Dengan fakta tersebut, dapat dipertanyakan jika Pihak Pemkot Bima mengklaim kondisi inflasi daerah ini sudah aman dan stabil, pada hal sejumlah pasar harga beras justru tambah naik.(Jev londa).