SULIT DI MENGERTI KINERJA KABAG UMUM SETDA KOTA BIMA, TAK PAHAM TUPOKSI DAN TIDAK MEMBAWA PERUBAHAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

SULIT DI MENGERTI KINERJA KABAG UMUM SETDA KOTA BIMA, TAK PAHAM TUPOKSI DAN TIDAK MEMBAWA PERUBAHAN

Rabu, 07 Juni 2023

 


Kota Bima. Londa Post.- Sungguh tiada tandinganya Kemegahan Kantor Wali Kota Bima yang ada di propinsi NTB ini. Desain arsitektur Kantor Kepala Daerah yang baru berusia terbilang muda ini, sangat indah dan megah bertaraf internasional. Bangunan Kantor pusat Pemerintahan Daerah bermotto " Maja Labo Dahu" ini, fondasi dasarnya ditancap pemimpin yang dijuluki Penggagas pembangunan Kota Bima Almarhum H.M.nor latif mantan Walikota Bima pilihan Rakyat untuk pertama kali dalam sejarah demokrasi Pilkada dinegeri ini.

Tempat sampah disamping kiri ruangan sekda atau didepan ruangan bagian kesra.


Lagi-lagi dengan hadirnya Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE yang memiliki jiwa seni dan semangat kuat memajukan pembangunan daerah ini. Siapapun yang berfoto atau Selfi didepan halaman kantor Walikota Bima saat ini, bagai sedang berada dan berfoto didepan Gedung Putih Amerika Serikat. Kantor yang dapat diandalkan Ikon baru bagi rakyat Kota Bima saat ini. Kemegahan Kantor Walikota Bima semakin Indah dengan adanya pembangunan sayap kantor berlantai 2 dengan postur yang Indah bercorak Nilai Budaya daerah ini. 


Namun ternyata pada bagian dalam sejumlah ruangan terlihat memprihatinkan. Pada pintu- pintu ruangan kerja pegawai sudah mengalami kropos dan sulit pintu ruangan untuk buka tutup karena kosen pintu kantor rusak.

Pintu ruangan bagian OPA dan Bagian Hukum Setda Kota Bima


Belum lagi pohon-pohon yang mestinya menambah sejuk dan keindahan kantor Pusat pengendali Roda Pemerintahan Kota Bima ini, sudah lama terlihat sembrawut, batang dan dahan pohon sudah menyentuh tembok kantor. Tidak tertata rapi terkesan dibiarkan mengotori bangunan kantor. 


Misteri apa dibalik kondisi kantor Pemkot Bima yang megah ini, dengan biaya perawatan ratusan juta APBD setiap tahun tidak tersentuh perawatanya" Kenapa kantor Pemkot Bima terkesan dibiarkan kumuh tanpa keindahan." Dan sungguh aneh justru di dekat ruangan Sekda terlihat tumpukan sampah makanan tanpa ada bak sampah yang memadai. (Fakta foto Dokumen Londa Post 7 Juni 2023).

Pepohonan di-area halaman kantor Pemkot Bima


Sungguh benar kata pujangga lama " tidak semua taman Bunga tidak ada duri," itulah misteri dibalik kemegahan pembangunan Kantor Walikota Bima ini. Si empunya Tupoksi rupanya tidak paham dengan tupoksinya, seorang Kabag Umum yang kurang memiliki sdm dipaksa mengendalikan tugas yang cukup menentukan kesuksesan kinerja ratusan ASN dilingkup Sekda Daerah ini.


Pantauan langsung LONDA Post pada tiap-tiap ruangan dan pojok ruang kerja Bagian di Setda Kota Bima 7 Juni 2023 Rabu siang tadi, sungguh sangat mencengangkan, masih ada pintu ruangan kerja pegawai yang rusak (kropos),  Kayu Kosen pintu ruang kerja dan jendela kantor keropos. 


Ruangan Bagian OPA, ruangan bagian Hukum, kosen jendela kantor Bagian Tatapem yang sering dilewati Sekda setiap pulang pergi masuk kantor. Belum lagi tidak tersedianya bak-bak pembuangan sampah dipojok luar ruang kerja pegawai. 


Kondisi kerusakan pintu ruangan kerja sejumlah bagian di setda Kota Bima ini, sudah diberitakan media LONDA POST pada 17 januari 2023 lalu atau,  sepuluh hari pasca pelantikan Kabag Umum Setda Kota Bima yang baru jumat 6 Januari 2023, yaitu;  Rusnah,SE yang sebelumnya menjabat Kabid Perindustrian dan Perdagangan Diskoperindag Kota Bima.

  
Bagian Umum Setda Kota Bima yang punya Tupoksi ini harusnya sigap lakukan pemeriksaan dan pembersihan minimal sebanyak dua kali setahun. Agar kondisinya tetap prima dan terkontrol maka perawatan bisa dilakukan lebih sering. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebocoran saat musim hujan melanda.


Rupanya Kepala Bagian Umum Setda Kota Bima dinilai kurang Sigap membaca kondisi ini, pada hal anggaran Perawatan Kantor Pemkot Bima menurut Sumber yang enggan disebut namanya berkisar 400 juta dalam setahun APBD. Dan untuk kelancaran proses kegiatan kerja dan kenyamanan kerja ASN lingkup sekda Kota Bima, publik berharap, Jabatan Kabag Umum sekda Kota Bima sekarang ini haruslah ditinjau kembali. Sederet masalah Londa Post belum ungkap kali ini seperti, Mobil dinas plat hitam dan penyiraman taman halaman kantor pemkot yang juga perlu dilirik Bagian umum tiap hari saat musim kemarau ini. (Jev londa).