KANTOR DPRD DIBIARKAN HANCUR, MINTA WALIKOTA BIMA COPOT SEJUMLAH PEJABAT DI-SEKWAN YANG TIDAK DUKUNG KINERJA DEWAN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

KANTOR DPRD DIBIARKAN HANCUR, MINTA WALIKOTA BIMA COPOT SEJUMLAH PEJABAT DI-SEKWAN YANG TIDAK DUKUNG KINERJA DEWAN

Selasa, 07 Februari 2023

Kota. Bima  Londa Post.- Harapan publik meminta Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE melakukan penyegaran dan mencopot sejumlah pejabat yang memiliki tupoksi langsung dengan perbaikan sarana dan prasarana pendukung kinerja DPRD Kota Bima bukan tidak beralasan. Pasalnya; sudah hampir satu tahun belakangan ini, sejak 2022 kantor DPRD Kota Bima dibiarkan rusak parah tanpa ada sentuhan perawatan.


Edisi ini adalah kali ke-tiga diberitakan Media Londa Post betapa Kantor wakil Rakyat yang nota bene bersemayam duta-duta intelektual utusan rakyat berada di kantor DPRD Kota Bima ini, tidak sanggup memperbaiki kerusakan Kantor yang merupakan tempat memperjuangkan nasib dan keberlangsungan hidup rakyatnya di daerah ini.


Pasca pemberitaan Londa Post 24 Januari 2023, pemberitaan Londa Post 2 pebruari 2023, hingga kondisi Kantor DPRD Kota Bima Selasa tanggal 7 Pebruari 2023 pagi tadi, Pantauan terkini Londa Post, masih terlihat sejumlah kamar kegiatan DPRD dan Pegawai Sekretariat Dewan pada bagian atap berlobang, plafon keropos dan jatuh kelantai bahkan bagian Ruang Sidang Utama Dewan terlihat atap dan plafon rusak, Bagian Hukum dan Bagian Umum mengalami kerusakan yang sama, Praktis dimusim hujan ini mengganggu rapat Dewan akibat air hujan netes kebawah.


Kerusakan terbaru pada lantai 2 ruang utama dibagian selatan ruangan penyimpanan dokumen arsip bagian plafon sudah patah-patah dan berlobang. Bagian fasilitasi dan penganggaran dan pengawasan dprd kota Bima tiap turun hujan akan menetes jatuh dalam ruangan.(pantauan Londa Post 7 pebruari 2023 Selasa pagi).


Publik menilai, kinerja Sekretaris DPRD (Sekwan) belum memahami peranya dalam mendukung semua program dewan. Pada hal Sekwan dapat menjadi ujung tombak kinerja para wakil rakyat di DPRD. Sekaligus, menjadi jembatan penghubung bagi para anggota dewan.


Patut dipertanyakan kinerja Sekretaris DPRD sebagai Supporting Syistem untuk DPRD dalam bidang legislasi, penganggaran,  dan pengawasan. Bagaimana mungkin DPRD dapat bekerja nyaman dan meningkatkan performa kinerja jika sarana dan prasarana Pendukung kinerja dalam kondisi rusak parah seperti ini.


Tidak hanya Kinerja Sekwan, kinerja Bagian Umum dan Keuangan Setwan DPRD Kota Bima, patut diragukan kemampuanya menilai, menganalisa, mengawasi hingga melakukan tindakan-tindakan antisipatip kondisi kantor Dewan, pada hal tupoksinya sebagai tangan dan mata Sekwan dalam mengamankan sarana dan prasarana Dewan.


Sekretariat Dewan merupakan bagian salah satu dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Bima. Oleh karena itu, sekwan punya peran penting dalam menunjang kinerja dari para wakil rakyat. Mulai dari perencanaan, proses administrasi, pengaturan serta persiapan, pelaksanaan seluruh agenda untuk kegiatan anggota DPRD. Termasuk memperhatikan Kondisi Ruang-ruang rapat DPRD, ruang kerja ASN pada bagian-bagian di-Setwan


Apa pun bentuk permasalahan dan kerusakan infrastruktur yang ada, mestinya Sekwan, Bagian Umum dan Keuangan setempat harus eling dan tanggap untuk segera memperbaiki. Karena Pada tiap-tiap OPD telah tersedia biaya perawatan Kantor. Sekwan mestinya dengan cara apapun wajib memberi kenyamanan kinerja DPRD (Suporting syimtem).


Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bima Yogi Prima Ramadhan, SE  dikonfirmasi mengatakan; Pihaknya merasa prihatin melihat kondisi kantor DPRD Kota Bima. " Saya berkali-kali meminta Sekwan untuk antisipatip perbaikan pada titik-titik kerusakan ruangan dan atap kantor Dewan, namun terkesan tidak mendengarkan, pernyataan saya ini hanya sebagai anggota Dewan karena ranahnya Komisi II untuk urusan penganggaran." Ucapnya.


Taufik H.A.Karim,SH ketua Komisi II dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mendorong Sekwan untuk segera perbaiki bagian kantor yang mengalami kerusakan." Yah kita akan mendorong sekwan untuk segera perbaiki, terutama atap ruangan utama rapat Dewan serta ruangan-ruangan bagian yang sudah rusak, karena mengganggu kinerja pegawai. Jelasnya.


Sekretaris Dewan (Sekwan), Kabag Umum dan Keuangan, serta Kasubag Keuangan yang hendak dikonfirmasi Londa Post Selasa 7 Pebruari 2023 pagi tadi sedang tidak berada diruangan ketiga pejabat ini. LONDA POST AKAN TERUS EKSPOSE KONDISI KANTOR DPRD KOTA BIMA INI, SAMPAI POSISINYA BETUL-BETUL RUNTUH DAN HANCUR TOTAL TERABAIKAN. (jev londa).