TIM EVALUASI KINERJA SEKDA KOTA BIMA RESMI DIBENTUK, PUBLIK BERHARAP PENILAIAN OBYEKTIF

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

TIM EVALUASI KINERJA SEKDA KOTA BIMA RESMI DIBENTUK, PUBLIK BERHARAP PENILAIAN OBYEKTIF

Senin, 09 Januari 2023

Kepala BKD Prop NTB =  Asisten II Setda Prop NTB

Drs. H.M.Nasir/dr.Nurhandini Eka Dewi,SP.A.MPH


Kota Bima. Londa Post.- Evaluasi kinerja Sekda Kota Bima Drs. H.Muhtar Landa,MH resmi dilakukan pada awal Januari 2023 ini oleh Tim yang telah dibentuk Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE. Dengan melibatkan 2 orang anggota Tim dari jajaran pejabat Setda Propinsi NTB yaitu; Kepala BKD Propinsi NTB Drs.H.Muhammad Nasir dan Asisten II bid. Pemerintahan dan Pembangunan Setda NTB dr. Nurhandini Eka Dewi,SP.A,MPH, serta Drs.H.Tajudin mantan Sekda Kota Bima.


Langkah Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE melakukan Evaluasi Kinerja Sekretaris Daerah (SEKDA) Kota Bima Drs. H.Muhtar Landa,MH pada Awal Januari 2023 ini, adalah berdasarkan ketentuan pasal 117 ayat (1) UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan pasal 133 ayat (1) PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Jabatan Pimpinan Tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 (lima) tahun.


Terhadap jabatan yang di-emban Drs.H.Muhtar Landa selaku Sekda Kota Bima sekarang ini sudah memasuki masa akhir jabatan 5 tahun sejak pelantikan pada Selasa tanggal 10 April tahun 2018 oleh Walikota Bima dimasa kepemimpinan H.M.Qurais H.Abidin di aula Kantor Walikota Bima, berdasarkan Keputusan walikota Bima Nomor 821.2/881/BKPSDM/IV/2018 tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah Kota Bima dalam Jabatan Tinggi Pratama.


Kepala BKPSDM Kota Bima Drs. A.Wahid dikonfirmasi terkait Sk penugasan Tim Evaluasi Kinerja Sekda Kota Bima mengatakan; Pihaknya mengakui dalam waktu dekat awal januari 2023 tim sudah mulai bekerja." Pak Wali sudah tandatangani SK Tim, kita segera kirim ke masing-masing pihak. Paparnya.


Ditanya siapa saja kepastian anggota Tim dan kapan jadwal kerja Tim."  Dalam waktu dekat ini, kami sedang menyusun jadwalnya, yang pasti tim 2 orang dari Setda Propinsi yaitu Asisten II dan Kepala BKD Propinsi NTB serta 1 orang dari Pemkot Bima pak Drs.H.Tajuddin mantan Sekda Kota Bima. Jelas A.Wahid dikonfirmasi Londa Post 9 januari 2023 Senin pagi tadi.


Salah seorang Anggota Tim yang juga Kepala BKD Propinsi NTB Drs. H.Muhammad Nasir dikonfirmasi Londa Post mengatakan.;  Pihaknya mengakui dirinya bersama Ibu Asissten II Setda Propinsi NTB dilibatkan sebagai Tim Evaluasi Kinerja Sekda Kota Bima." Iyah saya dan Ibu Eka asisten II tim evaluasi dimaksud, dan kami tinggal tunggu perintah dan kapan jadwalnya belum kami terima. Paparnya.


Ditanya apa saja rangkaian penilaian pejabat tinggi pratama khususnya Petinggi ASN didaerah, pihak lebih mengarah pada evaluasi kinerjanya selama kurun waktu 5 tahun telah melaksanakan tugas. " Yang pasti kami obyektif melakukan penilaian. Ucapnya.


Menyinggung adanya pemberitaan berbagai media daerah ini terhadap jejak yang diduga melibatkan Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa seperti dugaan kasus K2, Dugaan kasus Penggelapan Barang Milik Daerah (BMD), dan statemen kontrofersialnya meresahkan kalangan Wartawan dan LSM, hingga melemahnya semangat kinerja ASN dilingkup Setda Kota Bima baik vidio dan pemberitaan Londa Post, maupun beberapa kali panggilan kesaksian oleh Polisi sejumlah dugaan kasus, Pihaknya enggan berkomentar banyak.


" Itu bagian dari evaluasi Tim. Karena masukan dan info masyarakat tentu bagian dari barometer penilaian, yang pasti kami harus obyektif dan nantinya direkom ke Walikota Bima selaku Pejabat Pembina Kepegawaian yang merupakan muara akhir penentunya, sekali lagi; Tim harus obyektif melakukan penilaian termasuk menghimpun info-info dari berbagai Kabid yang ada di-daerah." Jelas Bung Nasir Pria Luwes Petinggi BKD Propinsi NTB mengakhiri wawancara Londa Post 8 Januari 2023 Fia Hp Minggu sore kemarin. (Jev londa).