TERLIHAT MEGAH: KANTOR PEMKOT BIMA DAN MESJID YANG ADA MENYIMPAN MISTERI TAK NYAMAN BAGI PEGAWAI

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

TERLIHAT MEGAH: KANTOR PEMKOT BIMA DAN MESJID YANG ADA MENYIMPAN MISTERI TAK NYAMAN BAGI PEGAWAI

Rabu, 18 Januari 2023

 



Kota Bima. Londa Post.- Sungguh tiada tandinganya Kemegahan Kantor Wali Kota Bima yang ada di propinsi NTB ini. Desain arsitektur Kantor Kepala Daerah yang baru berusia terbilang muda ini, sangat indah dan megah bertaraf internasional. Bangunan Kantor pusat Pemerintahan Daerah bermotto " Maja Labo Dahu" ini, fondasi dasarnya ditancap pemimpin yang dijuluki Penggagas pembangunan Kota Bima Almarhum H.M.nor latif mantan Walikota Bima pilihan Rakyat untuk pertama kali dalam sejarah demokrasi Pilkada dinegeri ini.


Lagi-lagi dengan hadirnya Walikota Bima H.Muhammad Lutfi,SE yang memiliki jiwa seni dan semangat kuat memajukan pembangunan daerah ini. Siapapun yang berfoto atau Selfi didepan halaman kantor Walikota Bima saat ini, bagai sedang berada dan berfoto didepan Gedung Putih Amerika Serikat. Kantor yang dapat diandalkan Ikon baru bagi rakyat Kota Bima saat ini. Kemegahan Kantor Walikota Bima semakin Indah dengan adanya pembangunan sayap kantor berlantai 2 dengan postur yang Indah bercorak Nilai Budaya daerah ini. Cukup memikat hati siapapun yang melihatnya. 3 OPD terpilih yang menempati baru Bangunan megah ini cukup dibanggakan aktifitas pegawainya.



Tidak hanya itu. Pada halaman Kantor Walikota Bima sudah tuntas dikerjakan Proyek penataan halaman kantor Walikota Bima dengan anggaran sebesar RP. 1. 980.239.000, menambah indahnya panorama Lingkungan kantor dengan penataan taman yang rapi dan Indah. Didukung adanya pembangunan Mesjid Nur latif di samping Kantor Walikota Bima menambah gairah dan semangat kinerja Aparatur yang ada.


 Namun benar kata orang " tidak semua taman Bunga tidak ada duri," itulah misteri dibalik kemegahan pembangunan Kantor Walikota Bima ini.



Pantauan langsung LONDA Post pada tiap-tiap ruangan dan pojok ruang kerja Bagian di Setda Kota Bima 18 Januari 2023 Rabu siang tadi, sungguh sangat mencengangkan, masih ada atap ruangan kerja yang berlobang, tembok bagian dalam ruang kerja terlihat kumuh tidak di cet. Kayu Kosen pintu ruang kerja keropos. Dan memprihatinkan disaat hujan turun pada ruangan kerja Pegawai lobang atap bocor dan praktis air hujan membasahi meja kerja dan lantai. 


Ruangan Bagian Kesra, bagian atap ada 2 lobang yang harus secepatnya ditutup, ruangan bagian OPA ada 2 pintu rusak, Kayu kosen pintu sudah keropos semua, pada Bagian Hukum, sepanjang lorong bagian OPA,HUKUM, ada beberapa lobang dibagian atap yang menimbulkan aliran air hujan menggenangi lantai bawah.



DAN HAL LAIN YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN ADALAH: Adanya pohon pinggir tembok gedung kantor Walikota Bima yang batang dan daunya menyentuh bahkan terlihat berpotensi mengundang rembesan air hujan masuk kedalam ruangan kerja Pegawai. Termasuk adanya batang dan daun pohon didekat bangunan Mesjid Nor latif yang sudah terlihat masuk ke lobang bangunan mesjid, mengakibatkan rembesan air hujan masuk dan jatuh didalam kamar lantai Mesjid.


Mestinya atas hal tersebut diatas, dan beberapa bagian bangunan krusial yang senantiasa memerlukan perawatan rutin khususnya pada bagian Atap. Apalagi atap datar yang membutuhkan perawatan lebih dibanding atap miring.



Bagian Umum Setda Kota Bima yang punya Tupoksi ini harusnya sigap lakukan pemeriksaan dan pembersihan minimal sebanyak dua kali setahun. Agar kondisinya tetap prima dan terkontrol maka perawatan bisa dilakukan lebih sering. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebocoran saat musim hujan melanda.



Kerusakan yang paling sering terjadi pada dinding kamar, adalah cat mengelupas dan lembab. Dua hal tersebut dapat merusak desain interior dinding jika tidak segera ditangani, timbulnya kerusakan pada dinding kantor yaitu muncul bau pengap, jamuran, terbentuknya garis-garis bekas lembab, dan lain-lain. Dinding lembab seringnya disebabkan oleh rembesan air dari dinding luar maupun kebocoran bangunan kantor. Rupanya Bagian Umum Setda Kota Bima dinilai kurang Sigap membaca kondisi ini, pada hal anggaran Perawatan Kantor Pemkot Bima menurut Sumber yang enggan disebut namanya berkisar 400 juta dalam setahun APBD. 


Kabag Umum Setda Kota Bima Rusnah,SE dan Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar Landa,MH yang coba dikonfirmasi, Hingga berita ini diturunkan, HP-nya belum aktif. (Jev Londa).