Sambut Hari Anak Nasional, Dinas P3A Gelar Pentas Seni Forum Anak Tingkat Kota Bima 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Sambut Hari Anak Nasional, Dinas P3A Gelar Pentas Seni Forum Anak Tingkat Kota Bima 2022

Rabu, 16 November 2022

Kota Bima. Londa Post - Peringatan Hari Anak Nasional Kota Bima Tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak (DP3A) Kota Bima menggelar acara lomba Pentas Seni Lagu Daerah Bima dan Puisi Bahasa daerah Bima. Kegiatan ini di gelar di Gedung Seni Budaya Kota Bima pada 16 Nopember 2022 Rabu tadi.


Ikut hadir pada acara tersebut, Walikota Bima diwakili asisten II H. Ahmad,SE, Kadis DP3A Kota Bima Syahruddin,SH,M.M, Kadis Dikbud Kota Bima Drs. H.Supratman,M.AP, Dewan pendidikan Kota Bima, sejumlah kasek SMP dan Dewan guru serta undangan lainya.



Kadis DP3A Kota Bima Syahruddin,SH,M.M dalam sambutanya mengatakan; Sebagai penentu serta tombak keberlangsungan bangsa, anak merupakan cikal bakal yang akan menentukan arah perkembangan dan peradaban kehidupan bangsa. Untuk membentuk sebuah bangsa yang luhur dan berdikari tentunya dibutuhkan pula generasi penerus yang berdaya dan mumpuni. 


Generasi yang sehat, hebat, dan cerdas tentunya dibutuhkan untuk membentuk masa depan bangsa yang lebih cemerlang. Agar menjadi generasi penerus bangsa yang luhur, cerdas, dan berdikari hak-hak yang dimiliki oleh anak tentunya haruslah terpenuhi. Terdapat 10 hak anak sebagai bagian dari bangsa yang harus dipenuhi diantaranya adalah hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk mendapatkan identitas, hak untuk mendapatkan status kebangsaan, hak untuk mendapatkan makanan, hak untuk mendapatkan akses kesehatan, hak untuk mendapatkan rekreasi, hak untuk mendapatkan kesamaan, serta hak untuk berperan dalam pembangunan. Paparnya 



Lebih jauh dikatakanya, Hari Anak Nasional merupakan sebuah momentum besar yang diperingati sebagai bentuk kepedulian seluruh masyarakat Indonesia atas keamanan, kesejahteraan, serta kebahagiaan kehidupan anak. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44 tahun 1984, tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional. Penetapan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional yang terus diperingati hingga hari ini. Jelasnya


Adapun maksud dan tujuan, sasaran dan harapan pada moment Hari anak menurut kadis DP3A ini, adalah memupuk tali persaudaraan Forum anak Kota Bima dengan siswa siswi SMP/ MTS  se-Kota Bima sebagai pelopor dapat terlihat aktif memanfaatkan waktu luang sebagai agen perubahan dan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi anak -anak serta melestarikan seni budaya daerah Bima. Ucapnya.



Kegiatan ini dirangkai dengan hari anak nasional Tingkat Kota Bima Tahun 2022, sebagai bahan peningkatan evaluasi Kota layak anak pada evaluasi tahun 2023 mendatang. Sementara tujuan dari kegiatan ini menurut Kadis Syahruddin, adalah untuk mendorong  semangat forum anak serta siswa-siswi agar lebih mencintai Bahasa dan Budaya tanah Bima.


Sementara Walikota Bima diwakili Asisten II H.Ahmad,SE dalam sambutanya mengatakan ;  Kepala Daerah dalam hal ini Walikota Bima menitipkan atensi sekaligus motivasinya. Tidak hanya ditujukan bagi tenaga pendidik saja. Melainkan juga kepada orang tua siswa yang turut hadir menemani buah hatinya dalam agenda yang digelar meriah di areal gedung Seni Budaya Kota Bima tersebut. 



“Alhamdulillah kita bersyukur, anak-anak kita luar biasa. Perhatian Walikota Bima kepada anak-anak juga sangat luar biasa. Kami sangat bangga, Kota Bima ditunjuk sebagai Kota layak anak Kategori Madya dari kementerian terkait. Dihimbau kepada seluruh guru yang hadir agar lebih mengoptimalkan pelaksanaan imunisasi di sekolah. Tentunya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tujuannya tidak lain untuk membentuk imunitas agar tidak mudah terinfeksi virus. Terlebih hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir normal. Paparnya


" Atas nama Walikota Bima, Saya mengucapkan selamat dan sukses FORUM ANAK menggelar acara lomba Pentas Seni Lagu Daerah Bima dan Puisi Bahasa daerah Bima untuk anak-anak kita. Mudah-mudahan anak-anak kita sehat terus, ke depannya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Juga anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Jelas Asisten H.Ahmad mengakhiri sambutanya. (jev londa)