Pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan Dodu Sukses. Ditutup Oleh Kasi Sosial Camat RasanaE Timur

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan Dodu Sukses. Ditutup Oleh Kasi Sosial Camat RasanaE Timur

Sabtu, 04 Juni 2022

 


Kota Bima. Londa Post. - Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima sukses melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kelurahan. MTQ Tingkat Kelurahan dilaksanakan di Masjid Jamil Baiturrahman Dodu pada Rabu 31 Mei hingga Sabtu 3 Juni 2022 tadi malam(red).


MTQ Kelurahan Dodu yang dihadiri Jajaran Camat Rasanae Timur diwakili Kasi Sosial Kecamatan Rasanae Timur Abd.Karim Muhammad, Kapolsek Rasanae Timur Iptu Suratno, Ketua MUI Rasanae Timur, Babinsa/Babinkamtibmas setempat, serta Toga,Toma, Ketua RT/RW Kelurahan dan Tokoh Pemuda Kelurahan Dodu.


 Penyelenggaraan MTQ Kelurahan Dodu berjalan Lancar, sukses dan aman. Acara yang semula dibuka oleh camat Rasanae Timur, kini sukses ditutup oleh Kasi sosial Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Para Pemenang MTQ langsung diumumkan. Sebelumnya, pemenang MTQ ditentukan oleh dewan hakim yang sudah dipilih oleh panitia pelaksanaan MTQ Kelurahan Dodu.


Peserta yang menjadi pemenang MTQ Kelurahan Dodu ini akan diikutsertakan, dan menjadi perwakilan Kelurahan Dodu di MTQ Tingkat Kecamatan Rasanae Timur yang akan dilaksanakan pada berapa pekan kedepan.


Kasi Sosial Kecamatan Rasanae Timur Abd.Karim Muhammad mengatakan, pelaksanaan MTQ bukan sekedar memperlihatkan keterampilan qori dan qoriah dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran, namun lebih pada menyampaikan pesan sucinya. "Mari kita tingkatkan upaya kita untuk memahami dan menghayati isi dan kandungan Al-Quran," ujarnya.


Pada peserta yang menoreh prestasi, A.Karim menyampaikan ucapan selamat. Dan nantinya akan mengikuti MTQ Tingkat Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima dalam waktu dekat. "Al-Quran adalah sumber kebenaran, kebaikan, kesejahteraan, keselamatan serta mengandung nilai-nilai kebaikan untuk membentuk akhlak manusia yang baik," sebutnya.


Sementara itu, Lurah Dodu Yahya M.Amin,SE, menambahkan, tak terasa MTQ akhirnya ditutup malam ini. Terima kasih kepada semua pihak telah ikut mensukseskan kegiatan ini. “Semoga kedepan lahir qori dan qoriah yang handal dari Kelurahan Dodu ini. Serta terima kasih kepada para dewan hakim dan panitera dan juga staff Kelurahan Dodu, yang ikut partisipasi aktif bersama panitia mensukseskan kegiatan mulia di kelurahan kita ini,” ujar Lurah.


Lanjutnya, kepada semua kafilah yang mendapat juara teruslah belajar serta bagi yang belum juara jangan berkecil hati. Karena ini semua sebagai proses untuk menjadi lebih baik. “Kita berharap gemar membaca Alquran bukan saat MTQ saja, akan tetapi tetap kita amalkan dalam kehidupan sehari dan juga anak-anak kita bisa terhindar dari pengaruh jaman. Jelas Lurah.


Sekedar info publik. Pada era 70 an. Tanah Bima dikenal daerah pencetak Qari dan Qariah terbaik yang melejid namanya meraih juara 1 MTQ tingkat nasional dan internasional, diantaranya putra-putri asal Kelurahan Dodu Kota Bima; Munawir Haris adalah Putra Dodu yang mengangkat nama Bima dimasa itu.


Adapun nama-nama peraih juara MTQ Kelurahan Dodu yang diumumkan tadi malam sebagai berikut: A. Cabang Tilawah: GOLONGAN REMAJA Qari/Putra terbaik 1 Rangga Muliadin, terbaik ke 2. Rudi Irawan, terbaik ke-3 Hardi Rahman, harapan 1, Faturrahman, harapan 2 Yazidul Bustamin, harapan 3 Ardan Fachanur. GOLONGAN REMAJA Qari'ah / Putri. Terbaik 1. Intan Soahibunnisa, terbaik 2 Lutfiana Safitri, terbaik 3 Lailatul Fitri, harapan 1 St.Tajkirah, harapan 2 Nurhidayah, harapan 3 Umu Kalsum.


B. Cabang Tilawah GOLONGAN DEWASA. Qari/Putra. Terbaik ke- 1. Muh. Mu'az, terbaik ke- 2 Muhtar, terbaik ke-3 Muhaimin. Harapan 1 Erwin Sugianto, harapan 2 Muhammad Sahrullah, harapan 3 Ma'ruh. GOLONGAN DEWASA QARI'AH/ PUTRI. Terbaik ke- 1 Nur Ernawati, terbaik ke-2 Fariati, terbaik ke-3 Hanifah. Harapan 1 Marlia, harapan 2 Uswatun hassanah, harapan 3 Nurjanah.


C. Cabang Tilawah GOLONGAN ANAK-ANAK Qari/Putra: Terbaik ke- 1 Ilham Rabiul Awal, terbaik ke-2 M. Azzarahman, terbaik ke-3 Supriadin. Harapan 1 Miftah Lukman Hakim. GOLONGAN ANAK-ANAK Qari'ah/ Putri: Terbaik ke-1  Hanifah Ruzi Fadila, terbaik ke-2 Ratu Delisa Bilqis, terbaik ke-3 Zihan indriani. Harapan 1 Nuri Maulida, harapan 2 Selsilia Pratiwi, harapan 3 Maura Safinatunnajah. KOTA BIMA. DITANDA TANGANI KETUA DEWAN HAKIM : H. MASRUN, LC. Pada tanggal  03 Juni 2022. (Tim Londa Post).